Capaian Dinas PUPR Bidang Sumber Daya Air Tahun 2023 di Kabupaten Karawang

Capaian Dinas PUPR Bidang Sumber Daya Air Tahun 2023 di Kabupaten Karawang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang dengan bangga mengumumkan capaian luar biasa dalam bidang sumber daya air selama tahun 2023.--

KARAWANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang dengan bangga mengumumkan capaian luar biasa dalam bidang sumber daya air selama tahun 2023. Melalui berbagai proyek strategis yang tersebar di berbagai wilayah, Dinas ini telah berhasil memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengelolaan air dan pengendalian banjir di Kabupaten Karawang.

 

Salah satu capaian terpenting adalah pembangunan gorong-gorong KW 6, yang bertujuan untuk meningkatkan sistem drainase dan mengurangi risiko banjir di daerah tersebut. Langkah ini diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemukiman dan infrastruktur yang ada.

 

Selanjutnya, normalisasi saluran irigasi Kertalaya Cibuaya menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efisiensi penggunaan air untuk pertanian. Dengan kondisi saluran irigasi yang lebih baik, diharapkan produktivitas pertanian di wilayah tersebut dapat meningkat secara signifikan.

 

Tidak hanya itu, rehabilitasi jaringan irigasi Kiciong juga menjadi langkah penting dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Karawang. Dengan memperbaiki jaringan irigasi yang rusak, diharapkan petani dapat mengoptimalkan penggunaan air untuk pertanian dengan lebih baik.

 

Selain pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur, normalisasi SP (Saluran Primer) lajur desa Kutamakmur, kecamatan Tirtajaya, dan desa Solokan, kecamatan Pakisjaya, serta pembangunan drainase Tuparev-Johar dan drainase Surotokunto menjadi langkah konkret dalam mengurangi risiko banjir di wilayah-wilayah tersebut.

 

Pembangunan dan normalisasi drainase juga dilakukan di sejumlah titik strategis, seperti jalan depan Pasar Rengasdengklok Lama dan jalan Pinayungan, untuk meningkatkan daya tampung air hujan dan mengurangi genangan air di jalan raya.

 

Rehabilitasi jaringan DI (Drainase Intersep) Kutamaneh dan Citaman menunjukkan komitmen Dinas dalam menjaga keberlangsungan infrastruktur drainase yang telah ada. Langkah ini diharapkan dapat memastikan fungsi optimal dari sistem drainase yang ada dan mengurangi risiko genangan air di musim hujan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: