Tekan Angka Stunting, Pemkab Bekasi Kampanyekan 'Gemarikan'

Tekan Angka Stunting, Pemkab Bekasi Kampanyekan 'Gemarikan'

Tekan Stunting, Pemkab Bekasi Kampanyekan 'Gemarikan'--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada masyarakat di Kecamatan Cibarusah, yang juga menjadi salah satu kecamatan dengan lokus stunting tertinggi saat ini.

Kepala Dinas Perikanan, Imam Santoso mengungkapkan, Gemarikan merupakan gerakan nasional untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Sekaligus sebuah gerakan nyata yang juga berperan penting dalam menekan angka stunting di Kabupaten Bekasi.

"Karena mengatasi stunting semua pihak harus terlibat, maka dari Dinas Perikanan ini, Gemarikan menjadi salah satu upaya kita, stunting bisa berkurang dan teratasi jika edukasinya dilakukan dan proteinnya terpenuhi. Ikan jadi salah satu makanan penting itu," ucap Imam, saat menghadiri kegiatan Gemarikan di Desa Sindangmulya, Cibarusah, Selasa (07/05) Kemarin.

BACA JUGA:Nonton Drama Korea Secret Ingredient Episode 2 Sub Indo, Sinopsis dan Link Resmi

BACA JUGA:Nonton Drama Korea Missing Crown Prince Subtitle Indonesia, Sinopsis dan Link Resmi

Imam menyebut, Kabupaten Bekasi adalah salah satu daerah yang memiliki kemajuan yang cukup baik dalam hal penurunan stuntingnya. Dan di tahun ini, angka tersebut masih terus diupayakan oleh seluruh pihak termasuk dari Dinas Perikanan.

Kampanye Gemarikan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat yang terdiri dari para remaja, anak-anak sekolah, ibu hamil, ibu menyusui dan balita. 

Selain edukasi, pihaknya juga menggelar lomba memasak olahan ikan bertemakan masakan khas Kabupaten Bekasi "Gabus Pucung" yang diikuti oleh seluruh PKK Desa se-Kecamatan Cibarusah.

"Untuk menstimulasi Gemarikan ini, lomba masak Gabus Pucung ini bisa menjadi alternatif sebagai menu makanan dimana selain rasanya enak, tetapi protein di dalam juga sangat tinggi. Tadi juga kita berikan masakan olah ikan kepada seluruh peserta yang hadir," katanya.

BACA JUGA:Nonton Drama Korea The Escape of the Seven: Resurrection Sub Indo, Link Resmi dan Sinopsis

BACA JUGA:Drama Korea Nothing Uncovered Subtitle Indonesia, Link Nonton Resmi dan Sinopsis

Imam berpesan, masyarakat jangan bosan untuk tetap gemar makan ikan karena ikan diolah tidak hanya cara biasa tapi banyak jenis olahan. Misalkan bandeng presto, bandeng telor, bandang original ada juga dari olahan lele dan lain sebagainya yang berbahan dasar ikan.

" Dengan makan ikan diharapkan kita punya kekuatan, cerdas dan juga potensi yang bagus buat perkembangan anak," tandasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: