Mengenal Jenis dan Cara Mengatasi Tantrum pada Anak Yuk Moms!

Mengenal Jenis dan Cara Mengatasi Tantrum pada Anak Yuk Moms!

Jenis dan Cara Mengatasi Tantrum pada Anak-(Pixabay/PublicDomainPictures)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tantrum adalah ekspresi emosional anak yang muncul dalam berbagai bentuk, seperti menangis keras, berguling-guling di lantai, atau melempar barang.

 

Umumnya, tantrum terjadi pada anak usia 1-4 tahun karena mereka belum bisa mengekspresikan keinginan atau perasaan mereka dengan kata-kata. Situasi ini tergolong normal, jadi orang tua tidak perlu panik atau khawatir.

 

Tantrum pada anak dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Penting bagi orang tua untuk mengenali jenis tantrum yang dialami anak agar dapat menghadapinya dengan tepat.

BACA JUGA:Moms Yuk Ketahui Frekuensi Bayi Berdasarkan Usia 0-12 Bulan untuk Pantau Kesehatannya!

 

Jenis Tantrum pada Anak

 

Tantrum pada anak adalah hal yang normal, tetapi terdapat beberapa jenis tantrum yang perlu diketahui oleh orang tua untuk dapat menanganinya dengan tepat sesuai dengan situasinya.

 

Tantrum Manipulatif

 

Tantrum manipulatif terjadi ketika keinginan anak tidak terpenuhi. Anak akan menunjukkan perilaku tantrum untuk mendorong orang lain, terutama orang tua, agar memenuhi keinginannya. Tidak semua anak akan tantrum dalam situasi ini, tetapi jenis ini sering terjadi karena anak mengalami penolakan atas apa yang diinginkannya.

 

Tantrum Frustasi

 

Tantrum frustasi terjadi karena anak belum mampu mengekspresikan perasaannya dengan baik. Pemicu tantrum frustasi termasuk kelelahan, kelaparan, kegagalan dalam melakukan sesuatu, serta stres akibat tekanan lingkungan sekitar.

 

Tantrum Putus Asa

 

Tantrum putus asa ditandai dengan anak yang cenderung diam, kehilangan semangat, merasa tidak berdaya, dan putus asa. Hal ini biasanya terjadi karena ledakan emosi yang cukup tinggi akibat rasa ketakutan atau ketidaknyamanan yang besar, namun anak tidak berani menyuarakannya.

BACA JUGA:Struggle Memilih Sekolah Untuk Anak Usia 5 Tahun, Moms Perlu Cek Ini!

 

Cara Mengatasi Tantrum pada Anak

 

Tantrum pada anak bisa menyulitkan dan membuat orang tua merasa kesal, namun di sinilah peran penting orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak, khususnya dalam pembentukan karakternya. Hindari menggunakan kekerasan terhadap anak yang sedang tantrum, sebaliknya coba beberapa cara komunikatif berikut:

 

Berikan Pelukan pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: