Struggle Memilih Sekolah Untuk Anak Usia 5 Tahun, Moms Perlu Cek Ini!

Struggle Memilih Sekolah Untuk Anak Usia 5 Tahun, Moms Perlu Cek Ini!

Struggle Memilih Sekolah Untuk Anak Usia 5 Tahun, Moms Perlu Cek Ini!--Ibudanbalita

Memilih pendidikan untuk anak di bawah lima tahun adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi perkembangan dan masa depan mereka. Tidak semua pendidikan cocok untuk di terapkan kepada anak di bawah lima tahun. Pada usia itu anak masih membutuhkan hal-hal yang berbau menyenangkan serta tidak jauh dari yang namanya permainan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu moms memilih pendidikan yang tepat:

 

Pilihan Sekolah Untuk Anak di bawah 5 Tahun!

1. Fokus pada Pembelajaran Aktif dan Bermain

   - Pilih program yang menekankan pada pembelajaran melalui bermain. Anak-anak belajar banyak melalui permainan yang interaktif dan kreatif. Pada usia itu anak-anak masih membutuhkan hal-hal yang berkaitan dengan permainan. Anak belum bisa disuruh untuk belajar di sekolah formal yang notabenenya akan lebih sering belajar. Moms perlu memperhatikan bahwa pada usia itu bermain dan belajar anak haruslah seimbang, dan pilihlah tempat belajar yang nyaman untuk sang anak.

2. Rasio Guru ke Siswa

   - Pastikan rasio guru ke siswa rendah. Ini memastikan setiap anak mendapatkan perhatian dan dukungan yang mereka butuhkan. Anak pada usia di bawah 5 tahun akan cenderung menyukai hal-hal yang memang dia suka. Tidak bisa dipaksakan untuk melakukan hal yang memang tidak ia inginkan. Oleh karena itu, peran guru disini sangat penting.

3. Lingkungan yang Aman dan Nyaman

   - Pastikan fasilitas pendidikan memiliki lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman. Anak-anak perlu merasa aman untuk bisa belajar dengan baik. Banyaknya tempelan-tempelan yang menyenangkan seperti gambar hewan, angka-angka yang unik, serta warna cat yang cerah akan membuat anak menjadi nyaman dan betah di sekolah.

4. Kurikulum yang Sesuai Usia

   - Periksa apakah kurikulum disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak. Kurikulum harus mencakup berbagai aspek seperti bahasa, motorik, sosial-emosional, dan kognitif. Kurikulum yang memerlukan banyak praktek akan membuat daya ingat anak menjadi lebih bagus.

5. Stimulasi Sosial dan Emosional

   - Pilih tempat yang mendukung perkembangan sosial dan emosional. Interaksi dengan teman sebaya dan pengembangan keterampilan sosial sangat penting di usia dini. Hal tersebut selain untuk melatih anak untuk bersosialisasi, juga anak akan menjadi dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: