Langkah-langkah Berkomunikasi yang Baik Jika Anak Tidak Naik Kelas, Dengarkan Perasaan Buah Hati

Langkah-langkah Berkomunikasi yang Baik  Jika Anak Tidak Naik Kelas, Dengarkan Perasaan Buah Hati

Cara berkomunikasi jika anak tidak naik kelas--picture by www.suara.com

Kata-kata Lembut: Gunakan kata-kata yang lembut dan penuh empati. Misalnya, "Kami perlu berbicara tentang sesuatu yang penting mengenai sekolah."

Jelaskan dengan Jujur: Jelaskan situasi dengan jujur namun tanpa membuat anak merasa bersalah atau tidak berharga.

4. Fokus pada Dukungan dan Solusi:

Dukungan Penuh: Yakinkan anak bahwa Anda mendukung mereka dan ini bukan akhir dari segalanya. Misalnya, "Kami akan selalu mendukungmu dan membantu melewati ini."

Cari Solusi Bersama: Diskusikan langkah-langkah apa yang bisa diambil untuk membantu mereka sukses di tahun ajaran berikutnya. Libatkan anak dalam rencana tersebut.

5. Dengarkan Perasaan Anak:

Empati: Tunjukkan empati dan pahami perasaan mereka. Beri mereka ruang untuk mengekspresikan kekecewaan, kemarahan, atau kesedihan mereka.

Dengarkan Aktif: Dengarkan dengan penuh perhatian tanpa menyela. Validasi perasaan mereka, misalnya, "Aku mengerti kamu merasa sedih dan kecewa."

6. Beri Penjelasan yang Tepat:

Alasan yang Jelas: Jelaskan alasan mengapa mereka tidak naik kelas dengan cara yang bisa mereka pahami. Hindari istilah yang terlalu teknis atau menyalahkan.

Fokus pada Pertumbuhan: Jelaskan bahwa ini adalah kesempatan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan mereka agar lebih siap di masa depan.

7. Tetapkan Harapan dan Rencana yang Jelas:

Harapan Realistis: Tetapkan harapan yang realistis untuk tahun ajaran berikutnya. Jelaskan bahwa Anda akan bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Rencana Tindakan: Buat rencana tindakan konkret untuk membantu mereka berhasil, seperti jadwal belajar, bantuan tambahan, atau aktivitas pendukung lainnya.

BACA JUGA:Inilah 22 Hal yang Penting Ditanyakan Orang Tua kepada Guru saat Menerima Rapot Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: