Peristiwa Menarik di Hari Asyura Berdasarkan Kisah Para Nabi

Peristiwa Menarik di Hari Asyura Berdasarkan Kisah Para Nabi

Kisah nabi di Bulan Muharram --

5. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh 'alaihissalam di bukit Zuhdi dengan selamat setelah terhindar dari banjir besar yang menghancurkan sebagian besar umat manusia.

6. Nabi Yusuf 'alaihissalam dibebaskan dari penjara di Mesir setelah mengalami fitnah dari istri majikannya, Zulaikha. Allah SWT mengabulkan doa dan membebaskan Nabi Yusuf dari tuduhan yang tidak berdasar.

Peristiwa-peristiwa ini menunjukkan keberkahan dan penerimaan dari Allah SWT terhadap para nabi dan rasul-Nya dalam berbagai ujian dan cobaan yang mereka hadapi.

قَالَ رَبِّ السِّجۡنُ اَحَبُّ اِلَىَّ مِمَّا يَدۡعُوۡنَنِىۡۤ اِلَيۡهِ‌ۚ وَاِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّىۡ كَيۡدَهُنَّ اَصۡبُ اِلَيۡهِنَّ وَاَكُنۡ مِّنَ الۡجٰهِلِيۡنَ‏

"Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh." (QS. Yusuf: 33).

7. Pertemuan Nabi Yakub 'alaihissalam dengan putranya Yusuf terjadi pada 10 Muharram setelah berpisah selama 40 tahun. Pada kesempatan tersebut, Nabi Yakub juga diberi anugerah kesembuhan dari kebutaan.

8. Nabi Yunus 'alaihissalam selamat dan keluar dari perut ikan besar setelah doanya dikabulkan oleh Allah SWT pada hari Asyura.

9. Allah mengembalikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman 'alaihissalam pada tanggal 10 Muharram, setelah sebelumnya beliau kehilangan kerajaannya. Kisah ini mencakup perang Nabi Sulaiman melawan raja kafir, dan peristiwa di mana istri Nabi Sulaiman menyembah patung ayahnya tanpa sepengetahuan beliau.

BACA JUGA:Tradisi Perayaan 1 Muharram di Pulau Jawa, Dari Suroan Sampai Bubur Suro

10. Nabi Isa 'alaihissalam diangkat ke langit oleh Allah pada 10 Muharram, sebagai penghormatan terhadap Nabi Isa dari kaum Bani Israil.

Peristiwa-peristiwa ini menandai berbagai momen bersejarah dalam kehidupan para nabi dan rasul, serta anugerah dan pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: