Ini Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita Lho!

Ini Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita Lho!

Ini Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita Lho!--By Real Food

 

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan. Teh hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan Camellia sinensis yang sering digunakan sebagai bahan herbal pengobatan dari jaman dahulu. Teh hijau ini banyak mengandung antioksidan karena pengolahannya yang sebentar, sehingga hal itu tidak menghilangkan zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Berbicara mengenai kesehatan tubuh, pada beberapa waktu terakhir ini, di Indonesia dan terkhusus di pulau Jawa mengalami suhu yang sangat dingin ketika pagi hari. Hal tersebut disebabkan oleh angin Muson yang datang dari Australia. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan minuman hangat sangat disarankan untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi hangat dan stabil.

Berikut adalah beberapa manfaat utama teh hijau untuk tubuh:

1. Kaya Antioksidan: Teh hijau ini mengandung katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. 

2. Meningkatkan Fungsi Otak: Kandungan kafein yang terkandung dalam teh hijau dalam jumlah moderat dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbaiki suasana hati yang sedang kalut. Selain itu, asam amino L-theanine yang terkandung dalam teh hijau juga dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter GABA yang memiliki efek anti-kecemasan.

3. Menurunkan Berat Badan: Siapa yang sampai saat ini masih mencari program diet yang mempan karena susah turun berat badan meskipun sudah diet? Kalian harus mencoba untuk mengonsumsi teh ini. Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Ini menjadikannya populer sebagai minuman untuk mendukung program penurunan berat badan.

4. Menurunkan Risiko Kanker: Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker lho. Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau ini dapat mengurangi risiko kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung: mengonsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat), serta meningkatkan kolesterol HDL (baik). Ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Sehingga kesehatan jantung dapat terpelihara.

 

Baca juga: Manfaat Teh Papermint Ini Ternyata Bagus Untuk Tubuh Namun Jarang diketahui!

 

6. Mengatur Gula Darah: Teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah yang ada dalam tubuh, yang mana hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko untuk terkena gula darah.

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut: Katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut, mengurangi risiko infeksi mulut dan bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: