Tips Agar Bakso Tidak Bau Anyir, Pedagang Bakso Wajib Perhatikan Hal Ini

Tips Agar Bakso Tidak Bau Anyir, Pedagang Bakso Wajib Perhatikan Hal Ini

Tips agar bakso tidak bau anyir--picture by www.kompas.com

Mungkin bagi sebagian orang, bau daging pada makanan akan mengganggu selera atau tidak nyaman. Namun, bau daging pada bakso adalah hal yang wajar karena olahan atau bahan utamanya memanglah dari daging sapi. 

Yang menjadi masalah adalah ketika bau bakso melebihi dari bau biasanya. Oleh sebab itulah beberapa orang menjadi tidak nyaman saat makan bakso. 

BACA JUGA:Ingin Berbeda dengan Pedagang yang Lain? Inilah 6 Ide Nama Bisnis Makanan Bakso

Bau anyir pada bakso dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penggunaan bahan-bahan tertentu dan proses pengolahan. Berdasarkan beberapa faktor yang dapat membuat bakso terlalu bau anyir antara lain adalah penggunaan bahan tambahan seperti MSG berlebihan, penggunaan boraks, dan penyedap rasa yang berlebihan.

Selain itu, kondisi penyimpanan daging yang tidak tepat juga dapat menyebabkan bakso menghasilkan bau yang kurang sedap. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahan daging secara hati-hati untuk menghindari bau anyir yang tidak diinginkan pada bakso.

Tips Agar Bakso Tidak Bau Anyir

Untuk menghindari agar bakso tidak begitu bau anyir, terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Merebus Bersama Air Rempah-rempah

Merebus bakso bersama dengan air rempah-rempah seperti daun salam, serai, kunyit, lengkuas, dan daun jeruk dapat membantu menghilangkan bau anyir yang khas.

2. Menggunakan Bahan Penyegar

Melumuri daging bakso dengan nanas dapat membantu menghilangkan bau anyir karena nanas memiliki kandungan wangi dan manis yang dapat mengurangi bau anyir. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab bau bakso yang berlebihan dan tips yang bisa membantu kamu. Semoga bermanfaat ya sobat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: