Tips and Trick Paling Ampuh Mencegah Rasa Mabuk Disertai Mual Selama Perjalanan

Tips and Trick Paling Ampuh Mencegah Rasa Mabuk Disertai Mual Selama Perjalanan

Mabuk Kendaraan --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bukan Cuma mabuk alkohol, mabuk kendaraan jua bisa diatasi dengan mudah lohh, asalkan ditangani dengan cara yang aman dan tepat. Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sangat merepotkan sekaligus menyulitkan bagi beberapa orang yang suka mabuk saat berkendara dalam jarak jauh.

Orang yang suka mabuk kendaraan, biasanya akan mempersiapkan segala hal agar ia tidak mabuk saat berkendara. Baik mempersiapkan obat obatan, wangi wangian atau beberapa trik agar mabuknya tidak kumat saat dalam perjalanan.

Karena itu, membawa obat-obatan selama perjalanan menjadi hal yang penting, terutama jika ada anggota keluarga yang rentan mengalami mabuk perjalanan.

BACA JUGA:Nonton Megami No Cafe Terrace S2 (Goddess Cafe Terrace 2nd Season) Episode 7 Sub Indonesia

Tapi, apasih itu mabuk perjalanan? Berdasarkan informasi dari WebMD, mabuk perjalanan adalah kondisi tidak nyaman yang muncul saat seseorang bepergian, baik itu dengan mobil, bus, pesawat, atau kapal.

Mabuk perjalanan terjadi ketika otak menerima sinyal yang tidak cocok dari tubuh, mata, dan telinga bagian dalam. Misalnya, saat berada di kapal, telinga bagian dalam mendeteksi gerakan yang tidak terlihat oleh mata, yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan.

Lantas siapa saja yang berisiko mengalami mabuk perjalanan tersebut? Setiap orang, tanpa memandang usia atau gender, bisa terkena mabuk perjalanan. Namun, mengutip dari jurnal "Prevention and Treatment of Motion Sickness," ada beberapa kelompok yang lebih rentan mengalami mabuk perjalan. Diantaranya seperti.

  • Wanita, terutama saat menstruasi, hamil, atau menjalani terapi hormon.
  • Penderita migrain.
  • Anak-anak berusia 2-12 tahun.
  • Pengguna obat tertentu seperti antibiotik, narkotika, obat asma, antidepresan, ibuprofen, atau naproxen.

Tips untuk Meredakan Mabuk Perjalanan

Melansir dari American Journal of Medical Science, selain menggunakan obat-obatan, terdapat berbagai cara yang dapat membantu meredakan mabuk perjalanan dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan secara efektif:

  1. Duduk di Kursi Depan

Jika mengemudi bukan opsi, cobalah untuk duduk di bagian depan selama perjalanan. Misalnya, saat naik kapal, pilih tempat duduk yang memungkinkan Anda melihat arah kapal bergerak.

Begitupun saat berada di bus, kamu bisa duduk di bagian paling depan tepatnya di belakang supir, untuk bisa melihat dengan jelas arah laju bus yang tengah melintas.

Hal ini harus kamu lakukan untuk mencegah mabuk saat perjalanan. Sementara di mobil, duduk di bangku depan membantu menyinkronkan indra visual dengan telinga bagian dalam.

  1. Makan Camilan Ringan

Makan camilan ringan seperti biskuit asin bisa membantu meredakan mual. Hindari makanan berat, berminyak, atau makanan yang terlalu asam. Cara ini justru hanya akan memperburuk efek mual karena lebih lambat dicerna oleh perut.

Pilihlah camilan yang mudah ditelan seperti sereal, roti, biji-bijian, apel, dan pisang saat berhenti di rest area. Cara simplenya kamu bisa duduk sambil melumat permen.

  1. Minum Air atau Minuman Berkarbonasi

Air dingin atau minuman berkarbonasi dapat membantu meredakan mual selama mabuk perjalanan. Jika kamu suka mabuk perjalanan, hindari untuk mengkonsumsi minuman manis seperi minuman kafein, kopi maupun soda.

BACA JUGA:Nonton Hazurewaku no Ijou Skill de Saikyou ni Natta Ore ga Subete wo Juurin Suru Made Episode 7 sub Indo

Karena minuman ini justru bisa menyebabkan dehidrasi serta memperparah masa mual. Konsumsi minuman yang nyaman dan aman dikonsumsi oleh perutmu seperti air, susu atau jus apel.

  1. Alihkan Perhatian dengan Musik atau Percakapan

Alihkan fokusmu saat berkendara dari rasa mual akibat mabuk perjalanan dengan mendengarkan music dan lagu lagu favorit. Jika kamu tidak mempunyai alat pemutar music, kamu bisa mengobrol dan membicarakan hal hal menarik bersama teman perjalananmu.

Cara ini cukup efektif dalam mengatasi mabuk perjalanan karena bisa membantu mengalihkan perhatian dari gejala mabuk perjalanan.

  1. Hindari Bermain Ponsel

Jika kamu berfikir membaca buku atau bermain handphone bisa mengurangi rasa mabuk selama perjalanan, Jelas pemikiran ini salah. Jika kamu pemabuk perjalanan, jangan sekali kali membaca buku saat dalam perjalanan.

Membaca buku atau teks di ponsel dapat memperburuk mabuk perjalanan karena mengganggu sinkronisasi antara telinga bagian dalam dan mata. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk mendengarkan buku audio, musik, atau tidur siang selama perjalanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: