Ramah Anak, 8 Rekomendasi Obat Herbal Untuk Mengatasi Mabuk Selama Perjalanan

Ramah Anak, 8 Rekomendasi Obat Herbal Untuk Mengatasi Mabuk Selama Perjalanan

Anak Mabuk--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bukan Cuma mabuk alkohol, mabuk kendaraan jua bisa diatasi dengan mudah lohh, asalkan ditangani dengan cara yang aman dan tepat. Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sangat merepotkan sekaligus menyulitkan bagi beberapa orang yang suka mabuk saat berkendara dalam jarak jauh.

Orang yang suka mabuk kendaraan, biasanya akan mempersiapkan segala hal agar ia tidak mabuk saat berkendara. Baik mempersiapkan obat obatan, wangi wangian atau beberapa trik agar mabuknya tidak kumat saat dalam perjalanan.

Karena itu, membawa obat-obatan selama perjalanan menjadi hal yang penting, terutama jika ada anggota keluarga yang rentan mengalami mabuk perjalanan.

Tapi, apasih itu mabuk perjalanan? Berdasarkan informasi dari WebMD, mabuk perjalanan adalah kondisi tidak nyaman yang muncul saat seseorang bepergian, baik itu dengan mobil, bus, pesawat, atau kapal.

BACA JUGA:Tips and Trick Paling Ampuh Mencegah Rasa Mabuk Disertai Mual Selama Perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi ketika otak menerima sinyal yang tidak cocok dari tubuh, mata, dan telinga bagian dalam. Misalnya, saat berada di kapal, telinga bagian dalam mendeteksi gerakan yang tidak terlihat oleh mata, yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan.

 

Rekomendasi Obat Mabuk Perjalanan Alami dan Medis

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat dan minuman herbal. Sejumlah perawatan alami nyatanya juga bisa membantu mengatasi mabuk perjalanan.

Namun, sebelum kamu melakukan cara ini, penting bagi kamu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait penggunaan serta dosis yang tepat sebelum mengonsumsinya. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat mabuk perjalanan herbal yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Aromaterapi

Aroma tertentu, seperti jahe dan minyak esensial lavender, dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan, seperti mual. Minyak esensial peppermint, misalnya, telah terbukti efektif dalam mengurangi mual pada pasien rumah sakit.

Untuk menggunakannya, Kamu bisa menggunakan diffuser portabel selama perjalanan, meneteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam diffuser, dan membiarkannya berfungsi selama 1 jam agar aromanya tetap ada.

Sebagai alternatif, Kamu bisa mengendus langsung dari botol minyak esensial atau menggunakan kalung minyak esensial untuk kenyamanan tambahan selama perjalanan.

2.  2. Teh Chamomile


Teh Chamomile --

Teh chamomile adalah pilihan obat herbal untuk mengatasi mabuk perjalanan. Berdasarkan jurnal Molecular Medicine Reports, teh ini membantu menenangkan perut, mengurangi kadar asam, dan mengendurkan otot perut.

Pertimbangkan untuk menyeduh teh chamomile sebelum berangkat, menyimpannya dalam mug perjalanan, dan meminumnya dalam keadaan panas atau dingin

3. Skopolamin

Skopolamin adalah obat resep yang tersedia dalam bentuk pil atau koyo kulit. Jika menggunakan koyo, tempelkan di bagian belakang telinga untuk meredakan nyeri hingga 3 hari. Namun, skopolamin dapat menyebabkan efek samping seperti mulut kering.

Orang dengan glaukoma atau masalah kesehatan lainnya harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi skopolamin. Perlu diingat bahwa obat ini tidak cocok untuk anak-anak dan harus dijauhkan dari jangkauan mereka.

4.   4. Antihistamin

Menurut Cleveland Clinic, antihistamin adalah obat yang direkomendasikan untuk mabuk perjalanan berdasarkan resep dokter. Minumlah obat ini 30-60 menit sebelum bepergian dan setiap 6 jam selama perjalanan. Pilihlah obat yang mengandung:

·         Dimenhydrinate (Dramamine)

·         Diphenhydramine (Benadryl)

·         Meclizine (Antivert)

Dimenhydrinate dan diphenhydramine umumnya aman untuk anak-anak di atas usia 2 tahun. Namun, jika Kamu merasa ragu, sebaiknya konsultasikan dosis yang tepat dengan dokter. Antihistamin dapat menyebabkan kantuk, namun jika mengganggu selama perjalanan, meclizine bisa menjadi alternatif.

5. Tablet Hisap Akar Licorice


Akar Licorice Permen--

Tentu kamu tidak asing dengan rempah herbal yang satu ini. Akar licorice sering digunakan sebagai bahan dasar permen herbal. Jenis akar yang satu ini banyak digunakan menjadi berbagai jenis olahan karena manfaat yang terkandung didalamnya.

Akar licorice dapat digunakan untuk meredakan sakit maag, iritasi akibat asam lambung, dan membantu pencernaan. Selain itu, akar licorice juga berfungsi untuk mengatasi mual dan muntah, menjadikannya pilihan obat herbal untuk mabuk perjalanan

6. Romethazine

Promethazine adalah obat antihistamin yang diresepkan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Obat ini efektif dalam mengurangi sinyal dari otak yang menyebabkan mual dan muntah.

Dosis untuk orang dewasa di bawah usia 65 tahun adalah 25 miligram, yang harus dikonsumsi dua kali sehari, dengan dosis pertama diambil 30 menit hingga 1 jam sebelum bepergian. Untuk anak-anak usia 2-17 tahun, dosis yang dianjurkan adalah antara 12,5 hingga 25 miligram, juga dua kali sehari.

BACA JUGA:Nonton Megami No Cafe Terrace S2 (Goddess Cafe Terrace 2nd Season) Episode 7 Sub Indonesia

7. Antimo Anak

Antimo Anak adalah obat mabuk perjalanan khusus untuk anak-anak. Dengan rasa jeruk dan stroberi, obat ini dirancang untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan pada Si Kecil. O

bat ini tersedia dalam bentuk sirup, memudahkan anak untuk mengonsumsinya. Namun, Antimo Anak sebaiknya dihindari oleh anak yang memiliki riwayat masalah kesehatan seperti:

·         Retensi urine

·         Glaukoma

·         Hipokalemia

·         Hipersensitivitas terhadap antihistamioa

8. Tolak Angin Cair Anak


Tolak Angin Anak--

Tolak Angin Cair Anak juga merupakan pilihan obat mabuk perjalanan untuk anak. Obat ini bekerja untuk mengatasi masalah seperti masuk angin, meriang, perut kembung, dan mual. Terbuat dari bahan herbal, Tolak Angin Cair dapat diberikan kepada anak berusia 1 hingga 6 tahun dengan dosis sebagai berikut:

  • Untuk anak usia 1 tahun: setengah sachet langsung diminum atau dicampur dengan setengah gelas air hangat.
  • Untuk anak usia 2-6 tahun: satu sachet langsung diminum atau dicampur dengan setengah gelas air hangat.

Itulah beberapa obat untuk mabuk perjalanan dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Jika Kamu merencanakan perjalanan mudik tahun ini, semoga selamat sampai tujuan dan selalu utamakan keselamatan!

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: