Sepuluh Tahun Lalu Kehidupan Kami Tidak Setenang Ini

Sepuluh Tahun Lalu Kehidupan Kami Tidak Setenang Ini

Pantai Pasirputih Cilamaya Wetan Karawang kini jadi salah satu obyek wisata terkenal di daerah ini.--disway

“Ini lahan percobaan saya. Sudah saya tanam sekitar satu tahun yang lalu,” kata dia.

Tekniknya pertama memasang appostrap terlebih dahulu. Setelah appostrap berhasil menangkap sedimentasi seluas dua meter, kemudian Sahari memasang kotak kayu berukuran 4x4 di belakang appostrap, yang kemudian dia tanami bibit 400 mangrove di dalam kotak.

“Ada lima kotak, masing-masing 400 bibit,” kata dia.

Uji coba yang dilakukan itupun  cukup membuahkan hasil. Selain menumbuhkan mangrove, Sahari mengaku tidak lagi harus mengangkat pasir dari appostrap.

Dia menunjukkan daratan baru sudah terbentuk kembali seluas yang dia coba.

Peran Pertamina Cegah Abrasi

Penanggung Jawab Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) PHE ONWJ Iman Teguh mengungkapkan, TJSL yang dilakukan Pertamina tidak ingin hanya bersifat filantropi atau hanya charity semata.

TJSL yang dilakukan harus sangat bermanfaat untuk masyarakat seperti memberikan efek ekonomi, kelestarian lingkungan dan keberlanjutan untuk masyarakat.

“Kami ingin ada efek domino yang sangat besar untuk masyarakat. Tidak hanya sementara,” kata Imam.

Ia juga  menjelaskan seperti di Desa Sukajaya, pihaknya pun membantu warga agar bisa mengoptimalkan pontensi ekonomi melalui usaha kecil menengah dengan melatih mencari potensi, melatih pengemasan, pemasaran hingga pengelolaan keuangan.

“Misalnya setelah dibuat produknya. Hasilnya mereka bisa jual di Wisata Mangrove Pasirputih. Wisata sehari bisa 50 sampai 100 wisatawan. Jika hari libur seperti tahun baru bisa mencapai 2000 wisatawan,” kata dia.

Iman Teguh membenarkan pihaknya telah memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang lahannya tergerus abrasi. 

"Tidak hanya di Pasirputih, kami juga membatu reklamasi pantai di beberapa titik," kata Iman.

Dijelaskan pula, pemasangan rangkain ban bekas pada lokasi abrasi dinamakan metoda appostrap. Fungsi rangkaian ban bekas itu menangkap lumpur sedimentasi agar tidak kembali ke lautan. 

"Awalnya metoda appostrap, merangkaiban menjadi bentuk segi empat. Namun ternyata kurang efektif menangkap lumpur hingga metode diubah menjadi bentuk segi tiga, ternyata cukup efektif," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: