5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Mengajarkan Anak Berenang Sejak Usia Dini

5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Mengajarkan Anak Berenang Sejak Usia Dini

Anak berenang --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Olahraga diperlukan bagi setiap manusia agar tubuh tetap bugar dan bertenaga. Olahraga bukan Cuma jadi kebutuhan orang dewasa tapi juga jadi kebutuhan anak-anak. Tidak perlu olahraga berat yang menguras tenaga, kamu bisa mengajarkan anak berenang. Karena dengan berenang anak bisa bermain sambil berolahraga.

Mengutip dari studi yang dilakukan oleh Griffith Institute for Educational Research dan Swim Australia. Dari studi tersebut ditemukan jika anak-anak yang terbiasa berenang memiliki kekuatan fisik serta fungsi organ tubuh yang lebih bagus ketimbang anak diusianya yang tidak berolahraga.

Setiap bayi mempunyai kemampuan alami untuk berenang dan mengapung dalam air. Saat berada di dalam air, tubuh bayi akan bergerak dengan cara yang unik, menciptakan miliaran neuron baru ketika mereka mulai menendang, meluncur, dan bermain air. Namun, karena sistem kekebalan bayi masih sensitif, dokter akan menyarankan para orangtua untuk membawa bayi ke kolam renang sejak usia 6 bulan.

BACA JUGA:Simak 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Para Orangtua Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Sebelum mengajarkan anak cara berenang, para orangtua bisa memperkenalkan dan mengajaknya bermain air agar saat turun kedalam air mereka tidak ketakutan. Anak-anak yang nggak terbiasa main air cenderung lebih takut dan negatif saat diajak berenang. Latihan terus menerus akan membuat kemampuan berenang terbentuk secara perlahan.

Bukan hanya mampu melatih gerak motoric anak. Berenang punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang dan mental buah hati. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat bayi saat berenang:

1.  Meningkatkan Fungsi Kognitif Anak

Gerakan lintas pola bilateral, yang melibatkan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan, membantu otak bayi berkembang lebih baik. Gerakan ini membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum.

 

Manfaat berenang ini akan memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi lainnya. Ini bisa meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial.

 

Sebuah studi oleh Griffith University di Australia yang melibatkan lebih dari 7.000 anak menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang memiliki kemajuan fisik dan mental dibandingkan dengan teman sebayanya yang nggak berenang.

 

Namun, perlu diingat bahwa temuan ini hanya menunjukkan hubungan dan bukan bukti yang kuat. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengeksplorasi dan mengkonfirmasi manfaat potensial ini.

 

2.  Membuat Anak Tampil Lebih Percaya Diri

Banyak kelas berenang untuk bayi yang melibatkan permainan air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Bayi akan berinteraksi dengan sesama bayi, instruktur, dan mulai belajar berfungsi dalam kelompok. Kombinasi elemen-elemen ini, ditambah kesenangan mempelajari keterampilan baru, bisa meningkatkan rasa percaya diri bayi.

 

BACA JUGA:Bukan Dijilat Setan, Ini 7 Alasan Kenapa Muncul Memar di Tubuhmu, Berikut Cara Mengobatinya

 

Studi tahun 2010 menunjukkan bahwa anak-anak usia 4 tahun yang sudah mengikuti pelajaran berenang sejak usia 2 bulan hingga 4 tahun, lebih mudah beradaptasi dengan situasi baru, lebih percaya diri, dan lebih mandiri.

 

3.  Meningkatkan Bonding  Orangtua dan Anak

Berenang melibatkan orang tua dan anak di dalam air. Cara ini bisa memperkuat ikatan antara mereka. Saat mengajari bayi berenang, Kamu dan Si Kecil bisa fokus sepenuhnya satu sama lain, jadi ini adalah cara yang luar biasa dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama Si Kecil.

 

4.  Membangun Masa Otot

Berenang buat bayi nggak cuma bikin mereka lebih kuat secara fisik, tapi juga bantu perkembangan otot dan kontrol tubuh yang penting sejak usia dini. Bayi perlu mengembangkan otot untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki, serta mengontrol seluruh tubuh dengan baik

 

Manfaat berenang nggak cuma bikin otot bayi lebih kuat di luar, tapi juga memberi manfaat internal dengan menggerakkan sendi-sendi mereka. Selain itu, berenang juga bagus untuk kesehatan jantung dan bisa memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah bayi

 

5.  Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Selain membantu pembentukan otot, berenang juga bisa meningkatkan koordinasi dan keseimbangan Si Kecil. Nggak gampang loh buat bayi belajar menggerakkan tangan dan kaki mereka secara bersamaan. Bahkan gerakan kecil yang terkoordinasi bisa jadi lompatan besar dalam perkembangan mereka.

 

Sebuah studi tahun 2003 menemukan bahwa pelajaran berenang bisa membantu anak-anak berperilaku lebih baik saat mereka tumbuh dewasa. Karena bayi dilatih untuk mendengarkan instruktur dewasa sebelum masuk ke dalam air dan mengikuti instruksi dan rahan tersebut.

 

BACA JUGA:Nonton Tsue to Tsurugi no Wistoria Episode 8 Subtitle Indonesia : Shall We Date?

 

Manfaat berenang buat bayi bukan Cuma dirasakan sekarang, tapi juga bagi kehidupannya di masa depan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajak anak anak berenang!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: