Profil Paus Fransiskus: Mengenal Lebih Jauh Sosok Pemimpin Gereja Katolik Dunia

Profil Paus Fransiskus: Mengenal Lebih Jauh Sosok Pemimpin Gereja Katolik Dunia

Profil Paus Fransiskus--picture by www.popmama.com

Babru-baru ini, masyarakat Indonesia menyambut dengan hangat kedatangan tokoh agama, Paus Fransiskus. Ia adalah pemimpin Gereja Katolik Dunia. 

Saat kedatangannya tiba di Indonesia, ia disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia. Seorang Paus Fransiskus sangatlah rendah hati dengan kesederhanaannya. 

Bahkan ada salah satu video viral di mana seorang wanita yang sedang mengandung nekat menghampiri mobil Paus Fransiskus. Lalu, yang terjadi adalah Paus tidak menolak kehadirannya. Akan tetapi, turut memberkati atau mendoakan ibu dan anak yang sedang dalam kandungannya.

Melihat hal ini, turut mendapat respon dari seluruh warganet. Mereka ikut terharu dan menyukai sikap Paus Fransiskus yang rendah hati. 

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut ini beberapa profil Paus Fransiskus yang bisa kamu ketahui. Yuk simak pembahasannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Rebecca Cheptegei, Atlet Maraton Asal Uganda

Profil Paus Fransiskus

Identitas dan Latar Belakang 

Paus Fransiskus, yang lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina, adalah Paus ke-266 dalam sejarah Gereja Katolik.

Ia terpilih sebagai Paus pada 13 Maret 2013, menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri. Fransiskus adalah Paus pertama yang berasal dari benua Amerika dan juga Paus non-Eropa pertama dalam 1.272 tahun terakhir.

Pendidikan dan Karier Awal

Sebelum menjadi Paus, Bergoglio menyelesaikan pendidikan sebagai teknisi kimia dan kemudian memasuki seminari untuk menjadi imam.

Ia ditahbiskan sebagai imam Katolik pada tahun 1969 dan diangkat menjadi Uskup Agung Buenos Aires pada tahun 1998. Pada tahun 2001, ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes Paulus II.

BACA JUGA:Mengenal Papua New Guinea yang Sempat Menjadi Bagian dari Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: