Ternyata Masih Banyak yang Sepelekan, Ketahui Pentingnya Imunisasi untuk Anak yuk Moms!

Ternyata Masih Banyak yang Sepelekan, Ketahui Pentingnya Imunisasi untuk Anak yuk Moms!

Pentingnya Imunisasi untuk Anak-(Foto/Freepik)-

- Menghemat waktu dan biaya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

- Melindungi kesehatan generasi selanjutnya.

Dengan memberikan imunisasi kepada si kecil, Moms turut berperan aktif dalam menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Penuhi Nutri Si Kecil, Yuk Ketahui 4 Pilar Gizi Seimbang Menurut Kemenkes RI!

 

Jenis dan Jadwal Imunisasi untuk Bayi

 

Moms, berikut adalah berbagai jenis vaksinasi yang penting untuk si kecil, beserta manfaatnya:

 

1. Vaksin Hepatitis B

 

Vaksin ini melindungi si kecil dari hepatitis B, penyakit yang menyerang hati. Moms perlu memberikan vaksin hepatitis B primer sebanyak empat kali. Dosis pertama diberikan dalam 24 jam setelah lahir, khususnya jika berat badan bayi lebih dari 2000 gram. Jika berat bayi kurang dari itu, vaksinasi bisa ditunda. Dosis berikutnya diberikan pada usia 2, 3, dan 4 bulan, serta satu kali booster pada usia 18 bulan. Moms juga bisa memberikan vaksin hepatitis B bersamaan dengan imunisasi DPT.

 

2. Vaksin BCG

 

Vaksin ini bertujuan untuk melindungi dari penyakit TBC, yang dapat berkembang menjadi meningitis. Pemberian imunisasi BCG dilakukan sekali, yaitu pada usia 0-1 bulan.

 

3. Vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)

 

Vaksin ini melindungi dari tiga penyakit berbahaya: difteri (infeksi serius pada tenggorokan), tetanus (penyakit saraf), dan pertusis (batuk rejan yang menyebabkan batuk parah). Pemberian vaksin DPT primer dilakukan tiga kali pada usia 2, 3, dan 4 bulan, serta booster pada usia 18 bulan dan 5-7 tahun.

 

4. Vaksin Polio

 

Vaksin ini melindungi dari polio, penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Moms perlu memberikan vaksin polio primer sebanyak empat kali pada usia 0-1, 2, 3, dan 4 bulan, serta satu kali booster pada usia 18 bulan.

 

5. Vaksin Hib

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: