Bukan Cuma Hubungan Seksual, Ketahui 7 Penyebab Selaput Dara Bisa Robek

Bukan Cuma Hubungan Seksual, Ketahui 7 Penyebab Selaput Dara Bisa Robek

Selaput Dara yang Robek--nonawoman

 

  1.   Menunggang Kuda

 

Aktivitas menunggang kuda dengan gerakan naik turun yang intens dapat memberikan tekanan pada area vagina. Meskipun tidak selalu menyebabkan selaput dara robek, dalam beberapa kasus, aktivitas ini bisa berkontribusi pada robeknya selaput dara.

 

  1.   Olahraga Senam atau Split

 

Gerakan senam, terutama saat melakukan split, dapat memberi tekanan pada selangkangan dan vagina, sehingga berpotensi merobek selaput dara. Namun, tidak semua orang mengalami robekan tersebut ketika melakukan gerakan ini.

 

  1.   Bersepeda

 

Bersepeda, terutama dalam jarak jauh atau dengan intensitas tinggi, juga dapat memberikan tekanan pada area vagina. Seperti aktivitas lainnya, robeknya selaput dara bisa terjadi, tetapi tidak selalu.

 

  1.   Menggunakan Tampon

 

Menurut informasi dari Cleveland Clinic, penggunaan tampon dapat menyebabkan robeknya selaput dara. Namun, ini biasanya terjadi secara bertahap, bukan dalam sekali penggunaan, terutama saat menstruasi, sehingga kita mungkin tidak menyadarinya.

 

  1.   Pemeriksaan Panggul

 

Pemeriksaan panggul yang dilakukan oleh dokter kandungan dapat menjadi salah satu penyebab selaput dara robek, terutama jika alat yang digunakan cukup besar.

 

  1.   Masturbasi

 

Menurut WebMD, aktivitas masturbasi juga dapat menyebabkan selaput dara robek. Jika masturbasi melibatkan penetrasi ke dalam vagina, ini bisa berpotensi merobek selaput dara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: