PKM Unsika : Sosialisasikan Kesigapan Daerah Rawan Bencana Pesisir Pantai Karawang

Rabu 11-10-2023,18:13 WIB
Editor : Hayatullah

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID – Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika)  men gadakan Sosialisasi Kes iapsiagaan Daerah Rawan  Bencana Pesisir Pantai  Karawang di SMPN Satap  2 Cibuaya, 23 September  2023 silam.

Kegiatan yang digul irkan atas kerjasama  dengan SMPN Satap 2 Cibuaya, Pemerintah Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya  dilak sanakan sebagai upaya  meningkatkan pemaha man masyarakat terkait  potensi bencana pesisir  pantai Karawang.

Kegiatan sosialisi  yang juga terselenggara  melalui hibah pengab dian pada masyarakat  dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat  dan didanai  oleh Daftar Isian Pelak sanaan Anggaran (DIPA)  Unsika, bertujuan untuk  memberikan informasi  dan pengetahuan yang  relevan tentang langkah- langkah yang harus di ambil dalam menghadapi  potensi bencana.

Sosialisasi bukan hanya  mencakup aspek teknis  terkait penggunaan per alatan penyelamatan,  tetapi juga edukasi ten tang rencana darurat,  evakuasi, dan koordinasi  dengan pihak berwenang  setempat.

Melalui kegiatan ini,  dosen dan mahasiswa  Unsika bersama siswa  SMPN Satap 2 Cibuaya berkomitmen untuk  menjadi agen peruba han dalam upaya men ingkatkan pemaha man dan kesiapsiagaan  masyarakat setempat.  Sehingga ketika terjadi  bencana di Pesisir Pantai K arawang, Desa Cemaraj aya, masyarakat setem pat sudah siap dalam  melakukan proses miti gasinya.

Pemateri pertama pada kegiatan ini disampaikan oleh Amalia Rizka Sugiarto, S.T., M.T. yang merupakan seorang dosen prodi Teknik Mesin Universitas Singaperbangsa Karawang.(Unsika).

Pada materi pertama ini, Amelia memberikan wawasan penting tentang kesigapan daerah rawan bencana di pesisir pantai Karawang.

Sementara itu, materi kedua disampaikan oleh Edmund Ucok Armin, S.T., M.Eng. dengan pembahasan mengenai penggunaan satelit dalam memantau daerah yang terkena dampak bencana pada Pesisir Pantai Karawang, khususnya pada Desa Cemarajaya.

Acara dihadiri Kaur Umum Desa Cemarajaya,  Fendy Aryanto;  perwakilan dari kepala sekolah,  Ahmad Jaelani  yang berhalangan hadir, serta para peserta yaitu para siswa dan guru SMPN Satap 2 Cibuaya, yang tampak memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan menambah wawasan mengenai langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh masyarakat untuk memitigasi risiko bencana.

Serta mendapat pemahaman tentang peringatan dini, penyusunan rencana evakuasi yang efektif, dan peran kolaboratif antara warga, pemerintah desa, dan pihak berwenang dalam menghadapi situasi darurat.

Sosialisasi ini juga memberikan wawasan tambahan tentang bagaimana inovasi teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan respons dalam situasi bencana. 

Kerjasama antara SMPN Satap 2 Cibuaya dan Universitas Singaperbangsa Karawang dalam menyelenggarakan sosialisasi ini diharapkan masyarakat Pesisir Pantai Karawang akan lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana.

Keberhasilan program ini juga menjadi contoh bagaimana pendidikan, penelitian, dan pemerintah lokal dapat bekerja bersama-sama untuk melindungi dan mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam yang seringkali tidak dapat diprediksi.

Acara sosialisasi ini adalah langkah awal dari upaya yang lebih besar dalam membangun komunitas yang lebih kuat dan tangguh di pesisir pantai Karawang.

Diharapkan bahwa melalui edukasi dan kolaborasi yang berkelanjutan, wilayah ini akan menjadi lebih aman dan siap menghadapi tantangan bencana yang mungkin terjadi di masa depan mengajak masyarakat ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. ***

Kategori :