Dosen Prodi Teknik Lingkungan-Teknik Industri Unsika Mengabdi, Sosialisasi Pendampingan Pendirian Bank Sampah

Dosen Prodi Teknik Lingkungan-Teknik Industri Unsika Mengabdi, Sosialisasi Pendampingan Pendirian Bank Sampah

MENGEDUKASI : Sambutan dosen yang tergabung dalam Prodi Teknik Lingkungan dan Teknik Industri Unsika pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Pajaten, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Senin (9/10/2023).-Ist for Karawang Bekasi Ekspres-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dosen yang tergabung dalam Program Studi (prodi) Teknik Lingkungan dan Teknik Industri Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Kali ini, tema yang diangkat bersama tim mahasiswa Unsika dan mitra Desa Pajaten, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang adalah "Sosialisasi Pendampingan Pendirian Bank Sampah".

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pajaten pada Senin, 9 Oktober 2023. 

Turut hadir Kepala Desa Pajaten, Ibu Hj. Nurheni, S.Pd serta para dosen Unsika seperti Ibu Fatma Nurkhaerani, S.T., M.T. ; Ibu Dr. Gina Lova Sari, M.T. dari Prodi S1 Teknik Lingkungan dan Ibu Fransisca Debora, S.Si., M.T. dari Prodi S1 Teknik Industri.

Sosialisasi ini bertujuan mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah.

Di mana, program pembuatan Bank Sampah ini juga merupakan program desa, sehingga melalui PkM dengan pembiayaan Hibah Prioritas Unsika (HIPKA) dan didanai oleh DIPA Unsika Tahun 2023.

Kegiatan tersebut mengundang pakar sebagai pemateri yaitu Ibu Runy Trumartiana, S.T. selaku Sekjen Asobsi (Asosiasi Bank Sampah Indonesia). 

Dirinya secara khusus memberikan pemahaman dasar mengenai tata cara pengelolaan sampah, peraturan terkait pengelolaan sampah, skema bank sampah, dan dampak yang akan muncul dengan adanya kegiatan bank sampah.

Ia juga memberikan contoh keterampilan dan kerajinan dari hasil sampah tempat tissu dari bungkus kopi, tempat alat tulis dari kertas, dan masih banyak lagi.

Sosialisasi dalam pelaksanaan PkM ini diharapkan dapat berdampak bagi masyarat Desa Pajaten dalam hal peningkatan pengetahuan untuk mengajak masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, lewat sosialisasi ini diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat dan membawa perubahan besar khususnya di Desa Pajaten dalam upaya melindungi bumi untuk generasi di masa mendatang nanti.

Termasuk di antaranya, dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: