Kekayaan Budaya Nusantara, Lewat Tradisi Perayaan 1 Muharram Berbagai Daerah di Indonesia

Sabtu 06-07-2024,16:42 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Tahun baru islam selalu dirayakan dengan meriah di sejumlah daerah di Indonesia. Masing masing daerah di Indonesia punya budaya yang berbeda dalam menyambut hari besar islam yang satu ini, seperti tabuik, Obor sampai kirab budaya. Berikut informasi selengkapnya. 

Seiring waktu tanpa terasa tahun baru islam sudah didepan mata. Di moment pergantian tahun ini banyak umat muslim bersuka cita dan berlomba lomba beribadah untuk meningkatkan amalan mereka demi menutup akhir tahun dengan catatan amalan baik. 

Di moment inilah banyak umat muslim yang bemunajat dan berusaha mendekatkan diri dengan allah SWT sebagai sang pencipta. Selain beribadah, moment ini jug dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai tradisi turun temurun yang sudah berlangsung selama puluhan hingga ratusan tahun.

BACA JUGA:Cara Memaknai Tahun Baru Islam yang Harus Kamu Ketahui, Langkah Menuju Semangat Baru

Tradisi tahun baru islam di masing masih daerah di Indonesia selalu terjaga dan diwariskan dari generasi ke generasi hingga tetap berlangsung hingga saat ini. Tradisi perayaan tahun baru Islam ini juga dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Kira kira apa saja tradisi ini? Simak informasinya dibawah ini. 

Tradisi Satu Muharram Di Berbagai Belahan Nusatara

Dilaksanakan oleh banyak daerah, berikut beberapa tradisi tahun baru Islam di Indonesia yang masih dilakukan hingga saat ini.

1. Tradisi Tabot di Bengkulu


Tabot tradisi--

Warga membawa obor dalam pawai menyambut Tahun Baru Islam 1440 H di kawasan Menteng, Jakarta, pada Senin (10/9). Acara pawai obor yang dimeriahkan dengan musik bernuansa Islam merupakan bagian dari tradisi umat Muslim di Indonesia untuk memperingati Tahun Baru 1 Muharram. 

Tradisi Tabot di Bengkulu adalah sebuah perayaan tahunan yang dilakukan mulai dari tanggal 1 hingga 10 Muharram. Tradisi ini diadakan sebagai bentuk penghormatan kepada Imam Husein bin Ali Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad, yang gugur di Padang Karbala, Irak, dalam pertempuran melawan pasukan Yazid bin Muawiyah. Tabot sendiri adalah sebuah peti yang dipercayai membawa keberkahan jika hadir dan bencana jika hilang. Di Bengkulu, Tabot berbentuk replika bangunan bertingkat seperti menara masjid yang dihias dengan indah, menambah kekhasan dalam tradisi menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia. Tradisi Tabot melibatkan serangkaian tahapan yang menggambarkan episode sejarah Islam dan perjuangan Imam Husein melawan tirani sampai akhir hayatnya, sehingga menjadi simbol perlawanan dan kebangkitan.

2. Tradisi Pawai Obor


Pawa Obor--

Di berbagai daerah di Indonesia, sering kali terlihat pawai obor yang digelar untuk merayakan Tahun Baru Islam. Masyarakat dari berbagai lapisan memakai pakaian muslim sambil berjalan dalam pawai sambil memegang obor, yang memperkuat tradisi penyambutan tahun baru Islam di Indonesia. Pawai obor biasanya berlangsung dengan mengelilingi desa atau kampung sambil mengumandangkan sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW. Tradisi ini menjadi momen kebersamaan dalam menyambut tahun baru Islam di Indonesia.

Kategori :