Tinjau Pasar Tambun, Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi Pastikan Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Selasa 01-10-2024,17:13 WIB
Reporter : Risky Pangestu
Editor : Ilham Prayogi

Helmi menyebut Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga sejumlah komoditi bahan pokok yang diakibatkan oleh melimpahnya pasokan dan tidak diimbangi dengan permintaan pasar.

"Ternyata stok yang masuk tidak sebanding dengan permintaan artinya suplainya lebih tinggi dari pada demain ternyata mengakibatkan harga hampir 80% harga dibawah harga HET," kata Helmi saat mendampingi Pj Bupati Bekasi.

BACA JUGA:Targetkan Sumbang Medali, Tiga Atlet Karawang Bela Jabar di Peparnas 2024

BACA JUGA:Tuntaskan Masalah Sopir Angkot, Ini Solusi Pasangan ASIH

Guna menekan deflasi Helmi mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa langkah kongkrit, dan mulai memetakan faktor-faktor yang mendukung terjadinya deflasi.

"Ini sudah kita lakukan satu minggu ini mudah-mudahan harga mulai meranjak menaik kepada normal kembali." ucapnya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) IPH Kabupaten Bekasi mengalami deflasi sejak minggu keempat bulan Agustus hingga minggu ketiga di bulan September 2024 dengan diangka -3,6.

Komoditas yang mengalami penurunan harga jauh dari HET adalah cabe rawit yang pada normalnya adalah Rp 57.000 perkilogram turun hingga pada harga Rp 30.000 perkilogram, juga daging ayam dengan HET dikisaran harga Rp 40.000 perkilogram sempat turun hingga Rp 30.000 perkilogram, serta cabe merah yang normalnya Rp 45.000 perkilogram mengalami penurunan harga hingga Rp 25.000 perkilogramnya.

Helmi mengatakan, kondisi harga pada komoditas diatas tersebut mulai berangsur perlahan mengalami kenaikan harga lebih dari 10 persen.

BACA JUGA:Ngabubur Bareng Sopir Angkot, Ahmad Syaikhu dan Haru Suandharu Sampaikan Solusi Masalah Transportasi Publik

BACA JUGA:Diwarnai Santunan dan Peringatan Maulid Nabi, Kemenag Mengaji Mengalun di MTsN 2 Karawang

"Setelah ini kita analisis kemudian rencana aksi yang kita lakukan ini adalah kita berkordinasi dengan pemerintah daerah yang sudah berkerjasama dengan kita seperti Garut dan Subang agar menyetop atau mengurangi pasokan seperti daging ayam yang dikirim ke Kabupaten Bekasi. Kalo untuk Garut bahan pokok seperti cabai-cabai dikurangi sehingga agar harga kembali mendekati dibawah harga HET," tandasnya.  (Iky)

Kategori :