Lakukan Cara Ini Jika Kamu Merasa Sedang Salah Ambil Jurusan di Semester Akhir

Jumat 04-10-2024,14:24 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

4.       Karena kamu belum cukup mengenali dirimu sendiri.

 

Kurangnya pemahaman tentang minat dan jurusan seringkali menyebabkan kamu memilih jurusan secara sembarangan, yang akhirnya membuatmu merasa salah jurusan.

BACA JUGA:Sudah di Depan Mata! Intip Tips Memilih Warna Kebaya Untuk Wisuda

 

Jangan terburu buru untuk pindah Jurusan, ada beberaa hal yang nampaknya harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk pindah Jurusan. Diantaranya yakni.  

 

Pastikan Kamu Salah Jurusan Bukan Hanya Karena Bosan

 

Setiap orang berhak mendapatkan ilmu yang sesuai dengan minat dan bakat, agar bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut sebaik mungkin di masa depan. Jika kamu ingin menjadi ekonom, seharusnya kamu masuk fakultas ekonomi. Jika ingin menjadi ahli politik, pelajari ilmu politik saat kuliah.

 

Ketika merasa salah memilih jurusan, penting untuk memastikan apakah kamu tidak mampu mengikuti Pelajaran atau kamu memang belum bisa beradaptasi dengan mata kuliah yang ada.

 

Jika saat ini kamu merasa bosan karena pelajaran yang didapat tidak sesuai harapan, cobalah untuk bersabar. Mungkin saja semester depan akan ada pelajaran dan praktikum yang jauh lebih menyenangkan dibandingkan kelas teori.

 

Teruskan! Jangan Berhenti di Semester Akhir

 

Jika kamu di jenjang semester akhir dan baru menyadari kamu salah jurusan. Jalan satu satunya adalah menyelesaikan perkuliahan. Jika pemahamanmu kurang dengan jurusan saat ini, kamu bisa bertanya kepada kakak kelas, dan jika perlu, diskusikan dengan dosen pembimbing atau dosen wali.

BACA JUGA:Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Wisuda

 

Selain itu, kamu juga perlu memperbaiki pola pikirmu sendiri. Tanyakan pada diri sendiri akan cita-cita, karir, dan pekerjaan yang kamu impikan di masa depan. Jika berjalannya masa kuliah kamu sudah berusaha belajar tapi kamu teta gak mampu mengikuti Pelajaran, bisa jadi kamu memang salah ambil jurusan.

 

Salah satu cara agar kamu tidak salah ambil jurusan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang jurusan yang kamu minati. Buat capaian nilai agar bisa masuk kampus dambaan. Kamu juga perlu buat strategi, semisal kamu gak lolos dari prodi dan kampus yang kamu targetkan.

 

Kategori :