Terlambat Berbicara, Ini Penyebab Speech Delay pada Anak yang Harus Moms tahu!

Sabtu 12-10-2024,21:58 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

 

Kondisi seperti kejang berkepanjangan, peradangan otak, atau cedera kepala pada masa awal kehidupan dapat meningkatkan risiko speech delay.

 

Gangguan Pendengaran

 

Masalah pendengaran adalah salah satu penyebab utama speech delay, yang dapat dipicu oleh infeksi telinga atau kelainan bawaan.

 

Gangguan Fungsi Oromotor dan Struktur Mulut

 

Speech delay bisa disebabkan oleh masalah pada area otak yang mengontrol gerakan mulut, lidah, dan rahang. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi cara makan anak. Masalah seperti bibir sumbing juga dapat mengganggu produksi suara.

 

Autisme

 

Sebagian besar anak dengan autisme mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa dan sosial. Tanda-tandanya mungkin tidak disadari karena anak tetap bisa mencapai tahap perkembangan fisik sesuai usia.

 

Riwayat Keluarga

 

Jika ada riwayat keluarga dengan masalah berbahasa, seperti gagap, disleksia, atau keterlambatan bicara, anak berisiko lebih besar mengalami speech delay.

 

Kurangnya Stimulasi

 

Anak yang tidak mendapatkan cukup dorongan untuk berbicara mungkin mengalami keterlambatan bicara. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan orang tua tentang parenting.

 

Terlalu Banyak Bermain Gadget

 

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering menggunakan gadget sebelum dapat berbicara cenderung mengalami keterlambatan bicara.

 

Tanda dan Gejala Speech Delay pada Anak

 

Pada usia 2 tahun, anak biasanya sudah menguasai sekitar 50 kata dan mampu menyusun dua kata menjadi kalimat sederhana. Anak dengan speech delay mungkin menunjukkan gejala seperti:

Kategori :