Buntut Pelaporan Dugaan Korupsi, Instagram Hengki Kurniawan di Serbu Netizen

Buntut Pelaporan Dugaan Korupsi, Instagram Hengki Kurniawan di Serbu Netizen

Screenshot Akun Instagram Hengki Kurniawan(Foto:Okky firmansyah/Disway)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID  -- Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Aktivis Pemuda Bandung Barat pada Kamis, 11 Mei 2023.

Pelaporan ini terjadi atas dugaan isu permainan rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz menyampaikan bahwa pihaknya ingin mendorong KPK untuk melakukan penyidikan serta penyelidikan atas laporan mereka terkait dugaan tindak korupsi dari kegiatan rotasi, mutasi, dan promosi.

BACA JUGA:KPK Respon Kabar Hengki Kurniawan di Laporkan Atas Dugaan Jual Beli Jabatan

 "Dugaan permainan (rotasi jabatan) dillakukan pejabat tinggi di Pemkab Bandung Barat. ASN juga bisa lompat pangkat jika memenuhi atau memberi sejumlah permintaan," kata Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada Kamis, 11 Mei 2023.

 Hengky Kurniawan diduga mengabaikan aturan alih jabatan yang mengatakan kenaikan pangkat harus dilakukan secara bertahap, tidak boleh melebihi satu jenjang.

 "Padahal tidak boleh dari eselon 4A langsung ke eselon 3A. Atau kalau ASN berkinerja baik, maka PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) melakukan promosi ke jabatan lain yang kedudukannya lebih tinggi secara berjenjang dan tidak boleh loncat melewati satu jenjang," kata Bilal.

 BACA JUGA:Hengki Kurniawan Dilaporkan Ke KPK Atas Dugaan Jual Beli Jabatan

Selain Hengki, sambung dia, diduga ada pejabat lain yang ikut terlibat dalam kasus ini.

Meski demikian, Bilal enggan merinci siapa-siapa saja pihak yang ikut dilaporkan ke Bagian Pengaduan Masyarakat KPK, menanti respons lembaga antirasuah selanjutnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur mengaku pihaknya belum bisa banyak berkomentar.

BACA JUGA:Beli Tiket Coldplay Rp 11 Juta, Ini Keistimewaannya

 Bukan tanpa sebab, pasalnya aduan ini masih berada dalam ranah pelaporan.

 "Mungkin kalau ada pelaporan ke pengaduan masyarakat, kita tunggu saja. Pastinya nanti ditindaklanjuti," kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur.

 Adanya pemberitaan ini pun membuat banyak netizen terutama warga Bandung Barat yang resah. Mereka pun berbondong-bondong menggeruduk kolom komentar sang bupati.

BACA JUGA:Coldplay Manggung di GBK 15 November, Catat War Tiket di Sini!

 "Tanggapannya gmna pak untuk berita yang beredar, semoga tidak benar terjadi," kata pemilik akun yunitaufik19.

 "Bagaimana dengan laporan dugaan korupsi rotasi jabatan, udah menerima juga pa?" kata netizen lainnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: