Study Tour SMAN 3 Bandung Habiskan Dana Rp 2 Miliar

Study Tour SMAN 3 Bandung Habiskan Dana Rp 2 Miliar

Foto Dokumentasi Perjalanan Study Tour SMAN 3 Bandung.(Foto: Sosial Media)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Beredar video murid SMA Negeri 3 Bandung menyewa satu gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) milik PT KAI untuk kegiatan study tour. Kereta yang disewa tersebut diketahui melakukan perjalanan dari Bandung ke Surabaya.

Melalui video yang beredar di media sosial, pada gerbong kereta terlihat tulisan “KLB SMAN 3 Bandung, Bandung-Surabaya Gubeng”. Informasi dihimpun, sesampainya di Surabaya mereka hendak melanjutkan perjalanan ke Bali.

Terlihat, sesampainya di Stasiun Gubeng, Surabaya siswa-siswi SMAN 3 Bandung langsung disambut sembilan bus dan tiga patroli pengawalan (patwal) untuk melanjutkan perjalanan.

BACA JUGA:Temuan BPK RI Harus Segera Ditindaklanjuti Oleh Pemprov Jabar, Nilainya Puluhan Miliar

“Tur Budaya SMAN 3 Bandung Bali 12-16 Mei 2023,” tulis akun Instagram @siliwangiholiday selaku agen perjalanan, dikutip Minggu, 14 Mei 2023.

Saat dikonfirmasi, pihak Siliwangi Holiday mengatakan murid SMAN 3 Bandung yang ikut dalam kegiatan study tour ini berjumlah 350 orang. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan tersebut mencapai Rp5,5 juta per anak.

“Untuk harga paketnya di 5,5jt, sudah meliputi semua, sudah kereta, bis, pesawat, hotel bintang 4, makan, semua pokoknya,” ujar perwakilan Siliwangi Holiday, Minggu, 14 Mei 2023 Itu artinya dalam study tour tersebut, SMAN 3 Bandung menghabiskan sekitar Rp1,9 miliar atau hampir 2 miliar rupiah.

BACA JUGA:Jadi Temuan BPK , LKPD Jabar Kelebihan Bayar Capai Rp9,24 Miliar!

Terpisah, Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan murid SMAN 3 menyewa tujuh gerbong kelas eksekutif dengan masing-masing gerbong berkapasitas 50 orang.

Dia mengatakan kereta KLB yang disewa murid SMAN 3 Bandung tersebut merupakan kelas eksekutif yang setara dengan kelas Argo. Untuk besaran tarifnya, Hendro mengungkap berkisar Rp 600 ribu.

Jika ditotal, untuk sekali perjalanan menggunakan kereta KLB, pihak SMAN 3 Bandung perlu merogoh kocek sekitar Rp210 juta.

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Beroprasi, Waspadai Bahaya Ini

Terakhir, Hendro menjelaskan, penyewaan KLB ini merupakan salah satu layanan yang diberikan PT KAI untuk masyarakat yang ingin merasakan kenyamanan saat di perjalanan.

 "Sudah lama (layanan diberikan), ini bentuk diversifikasi layanan kami. Kami juga ada layanan rombongan, ada juga kelas wisata seperti luxury dan panoramic serta sleeper, akan tetapi itu dirangkai atau digabungkan dengan KA reguler," kata Mahendro kepada awak media, Minggu.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: