Festival Adu Bedug dan Dondang Mustikajaya Tradisi Khas Betawi yang Tetap Dipertahankan

Festival Adu Bedug dan Dondang  Mustikajaya Tradisi Khas Betawi yang Tetap Dipertahankan

Adu Bedug dan Dondang Mustikajaya menjadi event budaya tahunan di Kota Bekasi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Festival Adu Bedug dan Dondang Mustikajaya menjadi tradisi sarat makna bagi warga Betawi Bekasi. Perpaduan bedug dan dondang dulu hanya sekedar hiburan bagi masyarakat Betawi untuk ajang kumpul.

Festival Adu Bedug dan Dondang Mustika Jaya telah menjadi agenda tahunan hingga di Kota Bekasi hingga tahun ini masuk ke-16. Kemarin warga Kota Bekasi tumplek di Stadion H. Natrom Nursyamsu menyaksikan pagelaran budaya Adu Bedug dan Dondang. 

Tradisi Adu Bedug itu sendiri bagi warga Mustikajaya dulunya berawal dari mencari hiburan dengan mengarak bedug keliling dari kampung ke kampung pada saat setelah Idul Fitri. 

BACA JUGA:DPRD Jabar akan Kawal Tindak Lanjut Catatan LHP LKPD Pemprov

Tradisi Adu Bedug selain menjadi hiburan, juga menjadi ajang bersilaturahmi sesama warga sekitar.

Sedangkan, Dondang merupakan tradisi asli warga Betawi Bekasi yang biasa dilakukan ketika upacara pernikahan. 

BACA JUGA:Warga Tumplek Saksikan Festival Adu Bedug dan Dondang Mustikajaya 2023

Dondang sendiri merupakan wadah bawaan pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki pada saat pengantin laki-laki mengadakan hajatan.

Di dalam Dondang terdapat dua jenis makanan di antaranya kue dan makanan lauk pauk khas Betawi. Biasanya, kue-kue yang disajikan adalah Dodol, Calabia, Geplak, Uli, dan Wajik, sedangkan untuk lauk pauknya terdiri dari Opor Ayam, Sayur Gabus Pucung, Bekakak Ayam, dan Sayur Bandeng.

BACA JUGA:PDIP di Jatikarya Kerap Diintimidasi Disebut Partai Komunis, Anim: Jika Masih terjadi Akan Ditindak Tegas

 Camat Mustikajaya, Jaya Eko Setiawan mengajak warga Kota Bekasi terutama warga Mustikajaya dan sekitarnya untuk hadir langsung menyaksikan festival tersebut, karena tidak hanya mempersembahkan Adu Bedug dan Adu Dondang, juga akan menghadirkan berbagai penampilan lainnya, seperti Pencak Silat, Hiburan Rakyat Khas Kota Bekasi, dsb.

"Giat ini salah satu langkah melestarikan Budaya dan sebagai perwujudan Kota Bekasi yang multikultural, melalui Festival Adu Bedug dan Dondang di wilayah Mustikajaya," ungkapnya.

BACA JUGA:Anim Pastikan Pemagaran Makam Jati dan Pengaspalan Jalan Lingkungan di Jatikarya Skala Prioritas

Camat Jaya pun menambahkan Festival Adu Bedug dan Dondang bukan pertama kali digelar melainkan tahun ini adalah event ke-16 kalinya yang juga akan menghadirkan Bazaar UMKM dari mulai Kuliner sampai Aksesoris/Fashion. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: