Al Azhar Karawang Siap Mencetak Generasi Penghafal Al Qur’an

Al Azhar Karawang Siap Mencetak Generasi Penghafal Al Qur’an

Al Azhar Karawang Siap Mencetak Generasi Penghafal Al Qur’an--

Program Tahfidz menjadi program unggulan di Sekolah Islam Al Azhar Galuh Mas Karawang. sebelumnya layanan ini diluar jam pelajaran namun mulai tahun pelajaran 2023/2024 terintegrasi dalam kurikulum sekolah dari unit KB/TKIA sampai SMAIA, dengan durasi 5 jam dalam sepekan menurut Ustadz Agus Kordinator Keagamaan.

 

“Biasanya pelayanan tahfidz tuh adanya di ekskul, atau di pagi hari seperti Morning Qur’an, sekarang untuk tahun ini dimasukan ke jam kegiatan belajar agar anak-anak lebih banyak memiliki hafalan," ujarnya.

 

Target Program tahfidz untuk keseluruhan hafalannya adalah 15 Juz dihitung mulai dari TB/TKIA sampe tamat SMAIA. Guru yang mengajar dikelas tahfidz pun merupakan guru yang khusus yang terfokus mengajar dibidang tahfidz dan setiap kelas terdapat 2 guru tahfidz yang mendampingi dan mengajar.

 

Rangkaian Kegiatan Kelas Tahfidz

 

Setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda dan daya tangkap yang berbeda pula, maka dari itu program tahfidz di Sekolah Islam Al Azhar Galiuh Mas Karawang men-treatment setiap murid sesuai dengan kemampuannya. Dimulai dari placement test untuk mengelompokkan murid berdasarkan tingkat dasar kemampuannya dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. 

 

Menurut Ustadz Fahmi Kordinator Program Tahfidz, placement Test ini berguna untuk mengetahui sejauh mana hafalan serta tahsin murid. Setelah placement test dilakukan, maka dibentuklah kelompok selesai kategori kemampuan setiap murid. 

 

BACA JUGA:BAHAYA... Terorisme Sudah Masuk Kepolisian, 2 Anggota di Bekasi Ditangkap?

 

Metode yang digunakan adalah Tilawati, pertama berfokus kepada  penguatan tahsin, membaca serta melafalkan Al-Quran secara baik dan benar berikut juga dengan pengetahuan tajwidnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: