FKUB Bekasi Disebut Tak Transparan Terkait Dana Hibah, Ketua: Setiap Tahun ada Laporan dan Audit

FKUB Bekasi Disebut Tak Transparan Terkait Dana Hibah, Ketua: Setiap Tahun ada Laporan dan Audit

ilustrasi dana hibah--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ketua  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi Abdul Manan, menanggapi sorotan terkait dana hibah dari APBD untuk lembaga forum tersebut setiap tahun pasti ada laporan dan audit.  

"Terkait penggunaan dana hibah FKUB dipastikan sangat transparan. FKUB sendiri mendapatkan dana hibah Rp2 miliar, itu digunakan untuk program toleransi umat beragama di Kota Bekasi,"tegas Abdul Manan usai giat sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 09 dan 08 Tahun 2006 di Gedung KORPRI, Bekasi Selatan, Rabu (13/09/2023).

Dikatakan bahwa dana hibah itu dilaksanakan dengan baik, seperti sosialisasi ke sekolah, Kecamatan, tokoh-tokoh lintas agama dan membentuk Perwala (Persatuan Wanita Lintas Agama).

BACA JUGA:Komunitas Lingkungan Buat Undangan Terbuka, Tantang Bupati Bogor Susur Sungai Cileungsi

Sekretaris FKUB Kota Bekasi Khasnul Kholid Pasaribu menambahkan dengan menegaskan setiap tahun dana hibah yang diterima FKUB selalu ada laporan pertanggungjawaban dan diaudit oleh lembaga independen.

"Laporan dan audit tersebut dinyatakan baik dan kita laporkan Pemerintah Daerah,"tegasnya mengatakan bahwa Tahun kemarin juga terlaksana dengan baik.

Bahkan imbuh dia, Pemkot pun selalu menerima dari hasil audit independen itu. Ini bukan audit Pemkot ataupun audit kami (FKUB), tapi audit independen setiap tahun.
FKUB selalu melaksanakan dengan program-program yang riil dan nyata.

BACA JUGA:Fungsi Pengawasan DPRD Kota Bekasi Disebut Mandul, Daya Kritis Hilang Biarkan Mutasi Ugal-ugalan Terjadi

Kholid pun mengklaim bahwa FKUB Kota Bekasi untuk di Indonesia mendapatkan rangking 3. Itu adalah prestasi. Apalagi tahun ini FKUB memiliki 14 butir program.

Lebih jauh, Khusnul menjelaskan FKUB Kota Bekasi punya program-program yang nyata. Ada sebanyak 14 butir program dilaksanakan oleh lembaganya.

Ia menegaskan kegiatan yang menggunakan dana hibah itu telah dilakukan audit oleh tim independen.

“Saya nanti mempersilahkan siapa pun untuk datang ke kantor FKUB nanti akan saya presentasikan program-program kami dengan memakan anggaran seperti itu telah diaudit dan terlaksana,"tegasnya.

BACA JUGA:ASYIK! Bukan Cuma Muslim, Hibah dan Bantuan Honor Juga Tiba ke Ratusan Guru Non-Muslim

Ia berharap kepada semua pihak untuk membantu program-program FKUB di Kota Bekasi. FKUB selalu mensosialisasikan ke masyarakat bagaimana mengerti kehidupan beragama.

Sebelumnya transparansi anggaran dana hibah dari APBD Kota Bekasi kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dipertanyakan. Pasalnya setiap tahun dana untuk FKUB tersebut mencapai miliaran tapi dianggap tak jelas.

BACA JUGA:ASYIK! Bukan Cuma Muslim, Hibah dan Bantuan Honor Juga Tiba ke Ratusan Guru Non-Muslim

"Transparansi soal anggaran hibah setiap tahun diberikan kepada lembaga keagamaan tersebut, kemana karena tidak pernah terbuka ke publik,"ungkap Ibnu Hajar Tanjung Anggota Komisi 4 DPRD Kota Bekasi, Selasa 12 September 2023.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: