Pabrik Bakso Masih Buang Limbah ke Kali Cikeas, DLH Kota Bekasi Berdalih Sudah Beri Sanksi Lagi

Pabrik Bakso Masih Buang Limbah ke Kali Cikeas, DLH Kota Bekasi Berdalih Sudah Beri Sanksi Lagi

Foto saluran limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi yang langsung dibuang ke Kali Cikeas. Padahal DLH Kota Bekasi mengakui sudah dua kali melayangkan surat teguran, tapi pembuangan limbah masih terjadi, foto diambil Jumat (15/9/2023)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Limbah Pabrik Bakso milik CV Warisan Matahari Makmur di Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi masih dibuang ke Kali Cikeas meskipun dua teguran diberikan pihak DLH Kota Bekasi.

Pantauan di lokasi belum ada perubahan terkait saluran limbah dari Pabrik Bakso di Jatirangga yang langsung dibuang ke Kali Cikeas, limbah pabrik bakso itu masih mengalir ke Kali Cikeas melalui saluran yang dibuat, meski pun Dinas Lingkungan Hidup mengakui telah memberi teguran tertulis dan memanggil pihak manajemen pabrik Bakso.

"Ketegasan DLH dipertanyakan, atau sudah ada kesepakatan tertentu. Harus diperjelas, jangan terkesan melindungi perusahaan yang nyata membuat pencemaran Kali Cikeas,"tegas Kang Abel, pegiat lingkungan hidup di Kota Bekasi.

BACA JUGA:DLH Kota Bekasi Diminta Tegas Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Ketua Yayasan Adam Hawa Siliwangi ini pun menganggap DLH Kota Bekasi kalah lawan pengusaha Pabrik Bakso tersebut. Pasalnya sudah jelas pabrik itu menyalahi dan telah disampaikan sendiri DLH melalui Kabid PPKLHPH Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. Tapi kondisi saluran limbah pabrik bakso itu tidak berubah. 

Terkait kondisi itu Kang Abel memandang bahwa teguran DLH Kota Bekasi tidak dianggap perusahaan pabrik Bakso tersebut meskipun teguran tertulis melalui PPKLHPH dan pihak manajemen Pabrik Bakso telah dipanggil. 

BACA JUGA:Terkait Limbah, DLH Kota Bekasi Sudah Layangkan Surat Teguran Resmi ke Pabrik Bakso di Jatirangga

"Wajar dong, kami yang turun susur sungai, dan melaporkan terkait pabrik bakso yang membuang limbah langsung ke Kali Cikeas ingin tahu hasil dan ketegasan LH Kota Bekasi. Jangan ada dusta diantara kita lah,"ucap Abel.

Sementara itu Andy Frengky Kabid PPKLHPH Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, dikonfirmasi terpisah terkait hasil dari pertemuan dengan pihak manajemen pabrik Bakso di Jatirangga pada pekan lalu terkesan ada yang ditutupi.

BACA JUGA:Sidak Pabrik Bakso di Jatirangga, Tim DLH Kota Bekasi Hanya Bertemu Keamanan

Saat dikonfirmasi Andy Frengky menyatakan bahwa pihak Pabrik Bakso di bawah CV Warisan Matahari Makmur telah diberi sanksi administrasi paksaan Pemerintah.

"Sanksi itu diberikan karena adanya ketidakpatuhan yang berdampak pada lingkungan. Didalam sanksi administrasi paksaan pemerintah itu ada waktu penyelesaian. Kita monitoring tindaklanjut yang sudah mereka lakukan,"tegasnya.

BACA JUGA:Gakkum LH Belum Laporkan Hasil Sidak Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Untuk diketahui bahwa hasil pantauan langsung di lokasi saluran limbah terlihat aktivitas pembuangan limbah langsung ke Kali Cikeas masih terjadi dan tidak ada perubahan meskipun telah diberikan sanksi administrasi paksaan oleh DLH Kota Bekasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: