Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2023, Wujud Pelestarian Bahasa Daerah

Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2023, Wujud Pelestarian Bahasa Daerah

Wahyu mijaya Kadisdik Jabar Mendampingi Pj Gubernur Bey Machmudin membuka Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Banten Tahun 2023.--

Jabar, Disway.id- Pj. Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin membuka Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD dan SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Banten Tahun 2023 di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pun hadir dalam festival yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar ini.

BACA JUGA:Kadisdik Jabar Resmikan Program ''Adik Bersama'' Bertajuk Pendidikan Khusus Berbasis Masyarakat

Pj. Gubernur meyakini bahwa bahasa Sunda sebagai bahasa ibu akan tetap eksis dan akan semakin banyak penggunanya. "Melihat masih banyak anak-anak yang fasih berbahasa Sunda," ujarnya.

Bey pun mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum ini sebagai langkah yang menginspirasi perjalanan pendidikan dalam pembelajaran bahasa di Jawa Barat dan Banten menuju tingkat yang lebih baik.

BACA JUGA:Disdik Jabar Lakukan Pembinaan Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Kadisdik pun mendukung berbagai upaya untuk melestarikan bahasa ibu, di antaranya bahasa Sunda, bahasa Betawi, dan bahasa Cirebon.

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek melalui Balai Bahasa Jabar. Mudah-mudahan, melalui upaya ini bahasa daerah yang ada di Jabar terpelihara dengan baik dan menjadi jati diri kita," tuturnya.

BACA JUGA:Kado Presiden Untuk Disdik Jabar, Jokowi Berharap Siswa SMKN Jabar Bisa Ikuti Arus Teknologi

Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan rangkaian pelaksanaan program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah di Provinsi Jawa Barat sebagai implementasi Merdeka Belajar serta wujud nyata perlindungan dan pelestarian bahasa daerah.

Festival ini dihadiri pula oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Aminudin Aziz, Kepala Balai Bahasa Jabar, Herawati serta Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan.(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: