5 Kali Racuni Warga, Berikut 5 Tuntutan Warga Kutamekar pada Pindo Deli 2, Ini Isinya...

5 Kali Racuni Warga, Berikut 5 Tuntutan Warga Kutamekar pada Pindo Deli 2, Ini Isinya...

Ratusan warga Kutamekar dan Kutanegara, geruduk PT Pindo Deli 2 di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, Senin 22 Januari 2024.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ratusan warga Kutamekar dan Kutanegara, geruduk PT Pindo Deli 2 di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, Senin 22 Januari 2024. Warga meminta pertanggungjawaban perusahaan terkait insiden keracunan gas yang mengakibatkan ratusan warga dilarikan ke rumah sakit, akibat kebocoran pipa caustic soda PT Pindo Deli 2.

Dalam aksinya itu, warga meminta pihak perusahaan untuk menghentikan produksi, dan bertanggungjawab atas keselamatan serta kesehatan di sekitar pabrik. Warga juga meminta pihak perusahaan memberikan jaminan, kalau peristiwa serupa tak akan terjadi lagi.

"Kami minta tanggungjawabnya perusahaan atas kejadian ini. Kami juga minta pihak perusahaan menghentikan produksi caustic soda, agar tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini," ujar Nurdin Syam atau Mr Kim, perwakilan dari warga, yang juga Ketua TMP.

BACA JUGA:Nonton Solo Leveling Episode 3 Subtitle Indonesia, Link Bstation, iQIYI, Netflix dll

Dikatakan dia, pihaknya tidak meminta pabrik ditutup. "Siapa kami, sampai meminta pabrik ditutup. Kami hanya ingin perusahaan menghentikan produksi casutic soda. Peristiwa bocornya pipa caustic soda bukan pertama kali terjadi, tapi sudah berulang kali," ucap Mr. Kim.

Menanggapi itu, perwakilan PT Pindo Deli 2, Adil Teguh yang merupakan Public Affair PT Pindo Deli Pulp and Paper, menjelaskan, sejak peristiwa Sabtu 20 Januari 2024 itu, pihaknya sudah menutup produksi caustic soda. 

"Dan ini juga sedang dilakukan penyelidikan oleh aparat penegak hukum. Kami menutup sementara produksi caustic soda. Kami juga akan memberikan jaminan kalau peristiwa serupa tak akan terjadi lagi. Dan kami juga akan memberikan pengobatan kepada warga sampai sembuh," ucap Adil Teguh.

Namun pihak PT Pindo Deli 2 merasa keberatan jika departemen caustic soda ditutup secara permanen. Sebab, jika hal itu dilakukan dapat menutup investasi yang masuk.

BACA JUGA:Sinopsis & Link Nonton Kamen Rider Gotchard Episode 19 Subtitle Indonesia : Rinne's Dawn! Transform Majade!

"Jika departemen caustic soda ini ditutup, maka sama saja dengan menutup investasi," ungkap Adil.

Pihak perusahaan sempat menawarkan relokasi tempat tinggal kepada warga. Tetapi warga menolak dan tetap meminta produksi caustic soda ditutup.

Setelah melakukan audiensi dan perdebatan dengan warga, pihak Pindo Deli 2 bersama warga bersepakat untuk merelokasi departemen caustic soda untuk tidak berada di lingkungan Desa kutamekar dan Desa Kutanegara.

Pihak perusahaan pun lalu membuat Surat Pernyataan Perjanjian Kesepakatan Bersama atas dasar kesepakatan dengan seluruh warga Desa kutamekar dan Desa kutanegara Kecamatan Ciampel. Berikut ini isi dari surat pernyataan tersebut:

BACA JUGA:Nonton Boku No Kokoro No Yabai Yatsu Season 2 Episode 3 Subtitle Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: