Keren, TPS di Perumahan Grand Cikarang City Dibuat Unik Menyerupai Hajatan Pernikahan Adat Betawi

Keren, TPS di Perumahan Grand Cikarang City Dibuat Unik Menyerupai Hajatan Pernikahan Adat Betawi

Tempat pemungutan suara (TPS) di Perumahan Grand Cikarang City, RT 17/RW 11, Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dibuat unik menyerupai hajatan pernikahan adat Betawi. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tempat pemungutan suara (TPS) di Perumahan Grand Cikarang City, RT 17/RW 11, Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dibuat unik menyerupai hajatan pernikahan adat Betawi. 

Kendati demikian, TPS itu adalah TPS 013 yang akan menampung 230 pemilih. Berbagai rangkaian acara adat Betawi nantinya akan dilakukan seiring penyambutan tamu dengan petasan, palang pintu dan lain sebagainya.

Kemudian petugas KPPS nantinya di pakaikan seragam layaknya jawara Betawi dengan menggunakan baju pangsi. 

"Kita akan mendekorasi lokasi TPS ini supaya sebagus mungkin, sehabis ba'da isya nanti dilanjutkan lagi untuk persiapan. Sementara ini sekarang kita baru mempersiapkan alat, tenda, background, kursi-kursi, meja yang tengah di persiapkan terlebih dahulu," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 013, Enan ketika diwawancarai Cikarang Ekspress pada Selasa (13/02).

BACA JUGA:Pantau Kesiapan Pemilu 2024, Wakil Ketua DPRD Jabar Ajak Gen Z Ikut Nyoblos Besok

Enan mengungkapkan ide pembuatan TPS seperti tenda hajatan layaknya adat Betawi itu merupakan hasil musyawarah KPPS 013 agar para pemilih mau datang untuk menyalurkan hak pilihnya.

Pemilu 2024, yang merupakan pesta demokrasi, kata Enan, menjadi salah satu acuan TPS dibentuk seperti tenda hajatan orang Betawi. Terlihat, dinding tenda diselimuti kain, bahkan meja pun dihias seperti meja prasmanan pada hajatan.

Meski begitu, Enan bilang, nantinya di hari H pelaksanaan pencoblosan pihaknya akan berseragam menggunakan kostum layaknya jawara seiring dengan linmas yang nanti ikut juga memakainya.

"Terkait pendirian TPS yang di lombakan kita sudah mempersiapkan diantaranya kita akan menggunakan kostum adat Betawi, linmas nanti pakai seragam Jawara," kata Enan.

BACA JUGA:Tiga Peserta Kampanye Akbar AMIN di JIS Meninggal Dunia, Anies Baswedan Berduka

Menurut Eman diambilnya konsep TPS seperti layaknya hajatan orang Betawi lantaran di wilayah Kabupaten Bekasi penduduknya masih banyak menganut adat Betawi.

"Kita memilih adat Betawi, karena di Kabupaten Bekasi termasuk menganut budaya Betawi, jadi kita memilih nya, mungkin untuk penataan nya nanti malam selesai," kata dia.

"Makanya besok dari kostum KPPS, kita menggunakan kostum Betawi, segi menu makanan ada menu Betawi, kemudian jika ada tamu penting kita sambut mereka sama seperti hajatan Betawi dengan penyambutan memakai petasan," tukasnya.

Sementara itu Ketua RW 11 Ali Mahfud menjelaskan, di wilayahnya terdapat empat TPS. Yakni TPS 12, 13, 14, 15, dengan total DPT kuranh lebih 1.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cikarang ekspress