DLH Kabupaten Karawang Gencarkan Program Adiwiyata ke Setiap Sekolah Negeri Maupun Swasta

DLH Kabupaten Karawang Gencarkan Program Adiwiyata ke Setiap Sekolah Negeri Maupun Swasta

Plt Kepala DLH Kabupaten Karawang, Agus Sanusi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang gencarkan program Adiwiyata ke setiap sekolah negeri maupun swasta.

Adiwiyata merupakan program nasional yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah menjadi tempat pembelajaran yang berwawasan lingkungan, berkelanjutan, dan peduli terhadap lingkungan hidup.

Lingkungan hidup memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Lingkungan yang sehat dan lestari memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia, seperti udara bersih untuk bernapas, air bersih untuk minum dan kebutuhan sehari-hari, tanah subur untuk pertanian, serta keberagaman hayati.

Keberagaman hayati sangat penting karena setiap spesies, seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme memiliki peran unik dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

BACA JUGA:Masa Jabatan BPD Habis, DPMD: Desa Harus Melakukan Pemilihan

Dengan adanya keberagaman hayati, ekosistem dapat lebih tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. 

Plt Kepala DLH Kabupaten Karawang, Agus Sanusi, menyampaikan, pihaknnya terus berupaya dengan segala programnya dalam melestarikan lingkungan hidup dan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat. Salah satu programnya adalah Adiwiyata.

"Program Adiwiyata ini kami lakukan ke setiap sekolah-sekolah. Tujuannya adalah untuk membentuk sikap dan perilaku siswa serta seluruh warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dan prinsip pembangunan berkelanjutan,'' ujar Agus, Jumat (1/3/2024).

BACA JUGA:Sambut Baik Pengangkatan AHY, Ini Harapan DPP APERSI untuk Menteri ATR/BPN yang Baru

Ia menjelaskan, dalam program ini mencakup berbagai aspek, seperti pengelolaan sampah, penghematan energi, konservasi air, pelestarian alam, penghijauan, dan penanaman nilai-nilai lingkungan.

"Jadi, kami harapkan, pihak sekolah sudah bisa menerapkan berbagai aspek tadi di lingkungan sekolahnya. Sehingga budaya hidup bersih dan semangat dalam melestarikan lingkungan hidup bisa terwujud dengan baik," tutur Agus.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kabupaten Karawang, Willyanto Salmon, mengatakan, program Adiwiyata sudah berjalan dari tahun 2018 hingga saat ini. Sudah ratusan sekolah di Kabupaten Karawang yang berhasil mendapatkan predikat dan sertifikat Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Dalam program Adiwiyata ini, pihak sekolah bisa mendaftarkan diri sebagai peserta. Nanti ada tim penilai, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat. Ada beberapa kriteria yang nanti akan dinilai, seperti visi, misi, tujuan kaitan dengan lingkungan dan Tim Adiwiyata di sekolah itu. Setelah proses penilaian, nanti akan diumumkan, sekolah mana yang lolos mendapatkan predikat Adiwiyata," kata Willyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/