BMKG Prediksi Karawang Utara Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Maret

BMKG Prediksi Karawang Utara Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Maret

Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Mahfudin--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang memprediksi bahwa di wilayah utara Karawang akan terjadi intensitas hujan deras disertai angin kencang yang cukup tinggi hingga akhir bulan Maret.

Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Mahfudin, menyampaikan, berdasarkan hasil laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perubahan cuaca ekstrim tersebut mengakibatkan terjadinya hujan deras disertai angin kencang ditambah dengan tingginya gelombang.

"Sampai akhir bulan Maret ini, diprediksi akan terjadi intensitas hujan deras disertai angin kencang yang cukup tinggi di sepanjang pantai utara. Karena perubahan cuaca disana cukup ekstrim," ungkap Mahfudin, Kamis, 14/3/2024.

Ia memaparkan, ada beberapa kecamatan yang akan terdampak dari kondisi tersebut, diantaranya, Kecamatan Tirtajaya, Kecamatan Batujaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, dan Kecamatan Cilamaya Wetan.

BACA JUGA:Dukung Sektor Kesehatan, PLN UP3 Karawang Tambah Daya Listrik Klinik Zhafira Zarifa

"Karena wilayah kecamatan ini berada di wilayah utara Karawang dan rentan terdampak dari perubahan cuaca ekstrim di pantai utara," jelas Mahfudin.

Meskipun demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan untuk wilayah lainnya terkena dampak dari kondisi hujan deras disertai angin kencang tersebut.

"Karena kalau arah angin dari laut kan sulit diprediksi. Maka tidak menutup kemungkinan terdapat wilayah lainnya yang terdampak," ujar Mahfudin.

Ia menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada menghadapi perubahan cuaca ekstrim di pantai utara.

BACA JUGA:PLN UP3 Karawang Wujudkan Mimpi dengan Penyambungan Listrik Gratis untuk 5 Keluarga

"Kami mohon kepada masyarakat untuk tetap waspada menghadapi kondisi hujan deras disertai angin kencang ini. Dan selalu ingatkan juga tetangga disekitar kita," ucap Mahfudin.

BPBD Kabupaten Karawang telah menurunkan Tim Satgas di setiap wilayah kerja. Mahfudin meminta kepada seluruh aparat untuk selalu bersiap siaga dan melaporkan dengan cepat ketika ada kejadian.

"Ini sebagai bentuk antisipasi dari kami. Laporkan dengan cepat, ketika ada kejadian di wilayah kerja masing-masing. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi untuk ikut melaporkan apabila ada kejadian di wilayahnya," terang Mahfudin. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/