5 Manfaat Berolahraga Saat Puasa, Berikut Tipsnya Supaya Gak Capek

5 Manfaat Berolahraga Saat Puasa, Berikut Tipsnya Supaya Gak Capek

Berolahraga Saat Puasa Ramadhan-Berolahraga Saat Puasa Ramadhan-Atome.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan masih dapat dilakukan dengan benar dan aman. Selain menjaga asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka, melibatkan tubuh dalam berbagai jenis olahraga juga diperlukan untuk menjaga kondisi fisik dan mental.

Meski berolahraga saat berpuasa bisa dan boleh dilakukan asal tidak beresiko membatalan puasa. Ada sejumlah waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa, seperti dijelaskan oleh Asian Journal of Sports Medicine, Berpuasa bisa dianggap sebagai sebuah pola diet karena mengalami perubahan dalam pola makan, minum, dan tidur.

Untuk menjalani puasa dengan sehat, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman selama sahur dan berbuka. Olahraga dapat dilakukan pada beberapa waktu yang disarankan, termasuk pagi hari setelah matahari terbit atau setelah sahur, sore hari sebelum berbuka puasa, dan sore hari setelah berbuka puasa.

Beberapa orang sudah menjalankan olahraga saat menjalani puasa Ramadan. Meski dianggap sebagai hal yang sulit namun, olahraga yang dilakukan selama berpuasa dapat memberikan berbagai manfaat yang positif. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan:  

1. Optimalisasi Hormon Tubuh

Waktu berbuka dan sahur yang berubah selama bulan puasa dapat memengaruhi hormon tubuh. Melakukan olahraga dapat membantu menyeimbangkan dan mengoptimalkan hormon dalam tubuh, sesuai dengan informasi dari Prospect Medical.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Meskipun dehidrasi menjadi salah satu alasan yang membuat orang enggan berolahraga saat berpuasa, dengan kombinasi pola sahur dan berbuka yang tepat, serta jenis olahraga yang sesuai, dehidrasi tidak perlu menjadi masalah. Olahraga saat puasa dapat membantu menurunkan risiko diabetes dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. 

3. Peningkatan Metabolisme

Kombinasi olahraga dan puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu mencegah penyakit dan menghambat penuaan. Selama berpuasa, tubuh memiliki waktu untuk memecah karbohidrat menjadi energi, meningkatkan fungsi enzim di usus dan mencegah penumpukan lemak.

4. Mencegah Penumpukan Lemak

Puasa memberikan tubuh waktu untuk mengolah makanan dengan lebih baik dan mencegah penumpukan lemak yang dapat merugikan metabolisme tubuh. Ini membantu menjaga keseimbangan metabolisme dan mencegah terjadinya penyakit.

5. Membakar Lebih Banyak Lemak

Studi menunjukkan bahwa berpuasa selama 8 hingga 12 jam dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 20%. Jenis olahraga seperti treadmill dan bersepeda dapat membantu membakar lebih banyak lemak selama puasa Ramadan.

 

Tips Berolahraga saat Puasa

Tidak perlu khawatir untuk berolahraga selama bulan Ramadan. Waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing individu. Jika ingin lebih nyaman, olahraga dapat dilakukan mendekati waktu berbuka puasa.

Menurut dr. Fadzil Hamzah, seorang Staf Senior Panitera di Departemen Kedokteran Olahraga dan Latihan di Rumah Sakit Umum Changi (CGH), durasi olahraga yang disarankan sangat tergantung pada intensitas latihan sebelum Ramadan. Yang terpenting, hindari memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat dan tetap aktif menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap sehat serta semangat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: manfaat berolahraga