Jangan Sepelakan Ini! Kenali 7 Tanda Akan Melahirkan yang Sering Tidak Disadari oleh Ibu Hamil

Jangan Sepelakan Ini! Kenali 7 Tanda Akan Melahirkan yang Sering Tidak Disadari oleh Ibu Hamil

Tanda-tanda Akan Melahirkan-(Pixabay/Lisa Runnels)-

 

Pembengkakan pada bibir vagina

 

Tanda-tanda normal akan melahirkan juga dapat terlihat dari perubahan pada bibir vagina. Selama tahap akhir kehamilan, bibir vagina dapat tampak membengkak.

 

Penurunan bayi ke arah panggul, yang menandai tahap persalinan, meningkatkan tekanan pada bagian-bagian vagina. Hal ini mengakibatkan pembengkakan pada organ tersebut.

 

Selain itu, cairan lendir serviks juga mungkin akan keluar antara minggu ke 37 dan 40. Ini adalah proses normal yang membantu melindungi bayi dari berbagai kuman atau bakteri. Bercak darah juga mungkin akan terjadi ketika lendir serviks dikeluarkan.

 

Meskipun persalinan mungkin akan segera terjadi, masih mungkin beberapa minggu lagi sebelum persalinan benar-benar dimulai.

 

Penipisan serviks

 

Tanda-tanda melahirkan selanjutnya adalah penipisan serviks. Serviks adalah bagian bawah rahim yang memanjang dan tertutup, biasanya memiliki panjang sekitar 3 hingga 4 cm.

Ketika tanda-tanda persalinan mulai muncul, serviks akan menipis atau bahkan menghilang untuk memungkinkan terjadinya dilatasi.

 

Kontraksi membantu serviks menipis dan melebar hingga mencapai sekitar 10 cm. Menurut Journal of Research in Medical Sciences, semakin tinggi tingkat dilatasi, semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk proses persalinan.

 

Nantinya, dokter akan memeriksa serviks untuk menilai kesiapan kelahiran bayi. Leher rahim mungkin akan melebar dan bahkan menipis, sehingga memungkinkan keluarnya bayi.

 

Beberapa wanita mungkin memerlukan latihan jalan untuk membantu proses kelahiran.

 

Nah itulah beberapa tanda-tanda akan melahirkan yang bisa Moms dan Dads perhatikan.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: