Gak Perlu Khawatir Lagi, Kini Ratusan Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bekasi Dilindungi Asuransi

Gak Perlu Khawatir Lagi, Kini Ratusan Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bekasi Dilindungi Asuransi

Penjabat Bupati Dani Ramdan usai memimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kabupaten Bekasi di Situ Abidin, Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Senin (06/05).--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ratusan relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Bekasi tidak perlu khawatir lagi ketika bertugas. Sebab mereka telah mendapat perlindungan dari program jaminan sosial ketenagakerjaan atau jamsostek dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Tahun ini kita memberikan asuransi bagi para relawan penanggulangan bencana. Kita alokasikan untuk 500 orang penerima namun dari hasil pendataan, yang  terverifikasi, yang betul ada aktivitas dan ada organisasi yang menaunginya itu ada 413 orang,” ungkap Penjabat Bupati Dani Ramdan usai memimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kabupaten Bekasi di Situ Abidin, Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Senin (06/05).

Dani Ramdan mengaku  tahun ini Pemerintah Kabupaten Bekasi  telah mengalokasikan anggaran untuk premi asuransi 500 orang relawan penanggulangan bencana yang berada di bawah naungan BPBD Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Lagi Asyik Mancing, Dua Kawanan Curanmor Dicokok Tim Reskrim Polsek Cikarang Timur

Diharapkan dengan asuransi kecelakaan kerja itu dapat membuat para relawan penanggulangan bencana bisa bekerja dengan profesional. Karena ketika terjadi kecelakaan kerja akan ditanggung oleh asuransi, termasuk apabila meninggal dunia saat bertugas.

“Jika meninggal dunia saat bertugas dalam penanggulangan bencana akan mendapatkan santunan Rp75 juta. Sedangkan kalau wafat di luar tugas Rp42  juta. Ditambah beasiswa bagi anak-anaknya kalau punya anak yang masih sekolah itu Rp175 juta,” ungkapnya.

Kabar ini tentu direspons baik oleh para relawan. Misalnya Tatto Saputro dari Relawan Sahabat Indonesia. "Alhamdulillah, sudah ada jaminan bagi kawan-kawan relawan saat menjalankan tugasnya di lapangan. Ini sesuai dengan harapan yang kami sampaikan saat Kalaideskop Bencana 2023 lalu dan telah ditindaklanjuti oleh Pak Pj Bupati dan Kalak BPBD Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Abah ini berharap jangan sampai ada relawan penanggulangan bencana yang terkena musibah kecelakaan saat menjalankan tugas. “Mudah-mudahan semuanya selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam bertugas,” kata dia.

BACA JUGA:Peringati Hari Buruh Sedunia, BPJS Ketenagakerjaan Karawang Bagi-bagi Souvenir dan Snack kepada Peserta

Hal senada disampaikan Jubaedah, perwakilan dari Tujuh | Rescue. “Tentunya ini sangat bermanfaat dan membuat para relawan bisa lebih nyaman dalam menjalankan tugas. Karena sebagai relawan memang terdapat ancaman keselamatan saat berada di lokasi bencana,” tandasnya. (Iky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: