UPN Veteran Jakarta Dukung Pengembangan UMKM Cikarang Selatan

UPN Veteran Jakarta Dukung Pengembangan UMKM Cikarang Selatan

Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta kembali memberikan dukungan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta kembali memberikan dukungan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kali ini mereka mengajak UMKM wilayah setempat menikmati lezatnya kue dari bisnis olahan lele frozen melalui bimbingan teknis Forum Group Discussion (FGD) pengembangan olahan ikan lele di pendopo Kantor Kecamatan setempat, Selasa (7/5).

Perwakilan Dosen dari Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Muhammad Arifudin menjelaskan dukungan yang diberikan kepada para pelaku UMKM di wilayah ini merupakan wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang sudah dirintis sejak tahun 2021 di Kecamatan Cikarang Selatan,” kata Arifudin, Selasa (07/05), kemarin.

BACA JUGA:Tingkatkan Literasi Hukum, Dinas KUK Jabar Gelar Penyuluhan HAKI Bagi UMK

Selain dalam bentuk pelatihan mengolah produk makanan dan minuman, dukungan juga dilakukan Tim Dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta melalui pemberian alat atau perlengkapan teknologi tepat guna. Seperti mesin potong dendeng daun singkong hingga alat pengering bunga telang dengan metode infrared.

“Jadi ini juga bagian dari pengaplikasian ilmu di bidang teknik agar ada efesiensi dari para pelaku UMKM dalam proses mekanisasi sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan produk baik secara kualitas maupun kuantitas,” kata dia.

Pada tahun ini, Tim Dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta akan berfokus pada inovasi pengembangan usaha produk olahan ikan lele. Namun pengaplikasiannya juga diharapkan bisa diterapkan pada  produk olahan makanan dan minuman lainnya.

Ketua Forum UMKM Cikarang Selatan, Uswatun menyambut baik program pengabdian yang dilaksanakan Tim Dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta. Ia menjelaskan saat ini UMKM Cikarang Selatan beranggota kurang lebih 250 orang. Beberapa diantaranya bergerak pada di bidang usaha pengolahan daging ikan lele.

BACA JUGA:Permintaan Ruang Komersial Tinggi, Kota Deltamas Luncurkan Almandine Business Gallery Tahap Dua

“Awalnya itu kader-kader Posyandu di Nusa Indah 8 Desa Sukadami. Jadi mereka berinovasi mengolah daging lele untuk mencegah stunting. Awalnya dari situ” kata dia.

Dengan adanya dukungan dari Tim Dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan dibuat dalam bentuk makanan frozen yang sudah dimarinasi dan siap goreng. 

“Ini sebetulnya cocok untuk dikembangkan dan dipasarkan karena kan ada juga ibu-ibu yang maunya tinggal goreng. Ini bisa buat lele maupun olahan makanan lainnya,” kata dia.

Selain akselerasi pengembangan usaha olahan ikan lele, Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Pembangunan UPN Veteran Jakarta dan Forum UMKM Kecamatan Cikarang Selatan juga berencana untuk mengoptimalkan program pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi pengolahan sampah plastik pada Bank Sampah Unit Mandiri di Desa Sukasejati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: