Inilah Tampang 3 Pelaku Penyelewengan Gas Elpiji Subsidi di Karawang Barat

Inilah Tampang 3 Pelaku Penyelewengan Gas Elpiji Subsidi di Karawang Barat

Inilah Tampang 3 Pelaku Penyelewengan Gas Elpiji Subsidi di Tanjungpura--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kasus penyalahgunaan tabung gas subsidi di Kabupaten Karawang terbongkar.

Tiga orang tersangka diciduk Polres Karawang yang terlibat dalam praktik culas memindahkan isi gas bersubsidi ke dalam tabung LPG 5,5 Kg dan 12 Kg.

Ketiga tersangka diantaranya, FH (41) Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, AH (27) warga Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang dan IH (36) Desa Sirnamanah, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

BACA JUGA:Rawan Macet, Saatnya Bangun Undepass di Perlintasan Kereta Selang

"Para tersangka menyuntikan tabung gas LPG bersubsidi sejak bulan Desember 2023. Karena kekurangan Ekonomi dan ingin mendapatkan keuntungan," kata Wakapolres Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, pada Rabu (15/5/2024).

Pria yang akrab disapa Pras mengatakan, pengoplosan di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat terungkap adanya dugaan kegiatan pemindahaan isi gas LPG dari 3 kg (Gas subsidi) ke gas LPG 5,5 kg (Non subsidi) yang dilakukan oleh 3 orang pelaku.

BACA JUGA:Kisah Zulfikar, Mahasiswa 19 Tahun Asal Tambora Jadi Jemaah Haji Termuda, Gantikan Ayahnya yang Sakit

"Pelaku melakukan perbuatan tersebut dengan cara memasukan gas ukuran 3kg (subsidi) ke tabung gas kosong ukuran 5,5kg (non subsidi) dan tabung gas ukuran 12 kg (non subsidi) menggunakan pipa besi lalu disimpan diatas tabung gas ukuran 12 Kg dan 5,5 Kg.

Dan menggunakan es batu di leher tabung gas 12 Kg dan 5,5 Kg untuk mempercepat proses perpindahan isi tabung gas tersebut," jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Lupa, Inilah Barang yang Wajib Dibawa saat Study Tour di Sekolah

Menurut Pras, setelah pelaku melakukan perpindahan tabung gas ukuran 3 kg (subsidi) ke tabung gas ukuran 5,5 kg (non subsidi) dan ukuran 12 kg (non subsidi) ke warung kelontong di wilayah Kabupaten Karawang. Tersangka melakukan setiap satu hari penyuntikan ukuran gas 12 kg memperoleh 40 tabung, dan untuk penyuntikan gas ukuran 5,5 kg memperoleh 10 tabung setiap satu hari. 

Tersangka melakukan penyuntikan dalam kurun waktu Minggu 4 kali penyuntikan, sehingga memperoleh sebanyak 160 tabung 12 kg dan 5,5 Kg, dan telah melakukan selama 5 bulan dengan total menghasilkan 3,200 tabung gas ukuran 12 kg dan 5,5 kg.

BACA JUGA:Viral Rombongan Pelajar Kecelakaan saat Study Tour, Intip Beberapa Hal Ini agar Perjalanan Aman dan Selamat

"Ketiga tersangka mendapat keuntungan per 1 tabung gas ukuran 12 kg sebesar Rp. 125.000 dan untuk tabung gas ukuran 5,5 kg sebesar Rp. 60.000 dalam perhitungan kurun waktu dari bulan Desember 2023 hingga Mei 2024 Pelaku mendapat Keuntungan sebesar Rp. 592.000.000," ungkap Pras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: