15 Tips Ampuh Meredakan Stres saat Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Akhir Harus Tahu Ini

15 Tips Ampuh Meredakan Stres saat Mengerjakan Skripsi, Mahasiswa Akhir Harus Tahu Ini

Tips menghilangkan stres saat skripsian--picture by easy-thesis.com

Skripsi adalah tugas akhir untuk memperoleh gelar sarjana di perguruan tinggi. Tidak mudah bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas ini. Butuh pengorbanan dan perjuangan selama proses pengerjakan. 

Maka dari itu, tidak heran banyak mahasiswa yang mengeluh hingg stres selama mengerjakan skripsi. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari persiapan penelitian yang kurang lengkap, faktor kesehatan mahasiswa, hingga kendala lainnya yang berhubungan dengan dosen atau administrasi di kampus. 

Oleh karena itu, perlu adanya beberapa cara untuk membuat mahasiswa tingkat akhir ini agar lebih rileks dan tidak merasa tertekan saat mengerjakan skripsi. Ketika mereka enjoy, maka tidak akan merasa stres menghadapinya. 

Untuk itu, yuk simak pembahasan berikut ini seputar cara-cara menghilangkan stres bagi mahasiswa akhir saat mengerjakan skripsi. 

Mengerjakan skripsi seringkali menjadi sumber stres bagi banyak mahasiswa. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk meredakan stres saat mengerjakan skripsi:

1. Buat Rencana dan Jadwal yang Realistis:

Buat jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu khusus untuk mengerjakan skripsi. Bagilah tugas besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola dan selesaikan satu per satu.

2. Tetapkan Tujuan yang Jelas:

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang spesifik dan realistis. Menyelesaikan tujuan kecil secara bertahap dapat memberikan rasa pencapaian dan motivasi.

3. Istirahat yang Cukup:

Jangan lupa untuk mengambil istirahat secara teratur. Gunakan teknik Pomodoro (25 menit kerja diikuti dengan 5 menit istirahat) untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga konsentrasi.

4. Olahraga dan Aktivitas Fisik:

Lakukan olahraga secara teratur, seperti berjalan, berlari, yoga, atau latihan lainnya. Aktivitas fisik membantu melepaskan endorfin yang dapat meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Meditasi dan Relaksasi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: