Kamu Akan Ikut Wisuda Juli 2024? Inilah Gambaran Umum Rangkaian Acaranya yang Bisa Kamu Katahui

Kamu Akan Ikut Wisuda Juli 2024? Inilah Gambaran Umum Rangkaian Acaranya yang Bisa Kamu Katahui

Gambaran acara wisuda--picture by edukasi.sindonews.com

Kamu mau wisuda bulan Juli 2024 tetapi masih bingung nanti ngapain aja ya? Yuk simak artikel kali ini untuk mengatahui jawabannya. 

Rangkaian acara wisuda pastinya akan membuat kamu terkesan dan bikin terharu. Apalagi ditemani oleh orang tua, keluarga, kerabat, hingga orang-orang tercinta yang masih menemani kamu hingga mendapat gelar. 

Lalu, kira-kira dalam acara wisuda ada rangkaian apa saja ya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini. 

Rangkaian acara wisuda biasanya terdiri dari beberapa tahap yang dirancang untuk merayakan dan mengakui pencapaian akademik para lulusan. Berikut adalah gambaran umum tentang rangkaian acara wisuda:

Registrasi dan Kedatangan: Para wisudawan, keluarga, dan tamu undangan tiba di lokasi wisuda. Wisudawan biasanya melakukan registrasi untuk mengambil toga dan perlengkapan wisuda lainnya.

Prosesi Masuk: Prosesi masuk adalah parade formal yang melibatkan para wisudawan, dosen, dan pejabat universitas. Biasanya diiringi dengan musik seperti "Pomp and Circumstance," prosesi ini menandai dimulainya acara.

Pembukaan Acara: Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara (MC) yang menyambut semua yang hadir dan memberikan informasi tentang rangkaian acara.

BACA JUGA:Mahasiswa Perlu Tahu! Inilah 10 Makna Penting Diadakannya Wisuda

Menyanyikan Lagu Kebangsaan: Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan sebagai bentuk penghormatan dan nasionalisme.

Sambutan dari Rektor atau Pimpinan Institusi: Rektor atau pimpinan institusi pendidikan memberikan pidato pembukaan, yang biasanya mencakup ucapan selamat kepada para lulusan, refleksi tentang perjalanan akademik mereka, dan pesan inspiratif untuk masa depan.

Pidato Tamu Kehormatan: Seorang tamu kehormatan, yang biasanya adalah tokoh terkemuka atau alumni yang sukses, memberikan pidato motivasi dan inspirasi kepada para lulusan.

Pengumuman dan Penyerahan Gelar: Para wisudawan dipanggil satu per satu untuk naik ke panggung dan menerima ijazah atau sertifikat dari rektor atau dekan. Ini adalah momen puncak di mana pencapaian akademik mereka secara resmi diakui.

BACA JUGA:Ingin Makeup yang Elegan dan Segar saat Wisuda? Lakukan 15 Tips Ini agar Penampilanmu Semakin Cantik

Pemindahan Tali Toga: Sebagai simbol kelulusan, tali pada toga dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan (atau sebaliknya, tergantung pada tradisi institusi). Ini dilakukan secara serentak atau saat masing-masing lulusan menerima ijazah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: