Pj Bupati Benni Apresiasi Petugas Kebersihan, Pemkab Purwakarta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pj Bupati Benni Apresiasi Petugas Kebersihan, Pemkab Purwakarta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menggelar apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, di Halaman Maya Datar, Rabu (5/6) kemarin.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menggelar apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, di Halaman Maya Datar, Rabu (5/6) kemarin.

Kegiatan ini bertema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan)”, dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration”.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan memimpin apel tersebut dan menyanpaikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bahwa setiap tanggal 5 Juni, diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang merupakan keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm.

Dipaparkannya, Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten, dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan.

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Bagikan Puluhan Alsintan ke Kelompok Tani

Kata dia pula, di tahun 2024 ini Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Sebagaimana tema dari United Nations Environment Programme (UNEP), untuk Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

“Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting, mengingat dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens. Yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah,” papar Beni.

Dia melanjutkan, pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

BACA JUGA:Pipa Meledak, Ormas MPH Bandung Minta PDAM Tanggung Jawab

“Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen "terobosan besar" bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan. Pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi, dan prinsip keadilan memegang peran penting,” lanjut Benni.

Diharapkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini menjadi momentum penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan.

Apel pagi ini dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi Pemkab Purwakarta kepada petugas kebersihan di DLH setempat. (adv/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: