Jangan Terbalik, Inilah Cara Merawat Motor Listrik dan Motor Matic yang Harus Kamu Ketahui

Jangan Terbalik, Inilah Cara Merawat Motor Listrik dan Motor Matic yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan merawat motor listrik dan matic--picture by www.inews.id

Seiring berkembangnya zaman, teknologi  di dunia akan semakin canggih. Semua akan dikendalikan oleh robot. Baik itu alat elektronik,  hingga kendaraan sekali pun. 

Misalnya, saat ini sedang ramai banyak orang menggunakan sepeda listrik. Sepeda kayuh mungkin masih digunakan dan diminati oleh beberapa orang sembari olahraga. 

Tentu dengan adanya teknologi yang canggih membawa dampak positif dan negatif. Tergantung bagaimana kita menggunakannya. 

Di sisi lain, ada juga motor listrik yang lambata laun banyak diminati oleh beberapa orang. Yang awalnya motor gigi, kemudian motor matic, dan sekarang beralih menjadi motor listrik

Semua jenis kendaraan tersebut pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Suatu barang akan awet tergantung bagaimana kita menjaga dan merawatnya. 

Namun, tahukah kamu bagaimana cara membedakan merawat motor matic dan motor listrik? Daripada penasaran, yuk kita simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:Galaxy Watch FE Bawa Teknologi Pemantauan Kesehatan ke Lebih Banyak Pengguna

Perbedaan dalam cara merawat motor matic dan motor listrik dapat mencakup beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Merawat Motor Matic:

1. Pengecekan Aki dan Busi:Pengecekan dan perawatan aki dan busi merupakan bagian penting dari merawat motor matic. Keduanya perlu dirawat dengan baik dan dicek secara rutin.

2. Pemanasan Motor: Memanaskan motor matic sebelum penggunaan dapat membantu melumasi mesin sehingga performa mesin lebih maksimal.

3. Penggunaan Bahan Bakar: Penting untuk menghindari kehabisan bahan bakar agar motor matic tidak berhenti di jalan.

4. Pengecekan Komponen Lain: Selain itu, perawatan motor matic juga meliputi pengecekan komponen lain seperti oli gardan, lampu, rem, dan penggunaan V-Belt.

 

BACA JUGA:SERBU!! Klaim Kode Redeem Mobile Legends ML Hari Ini 28 Juni 2024, Dapatkan Skin Eksklusif

Merawat Motor Listrik:

1. Pengecekan Baterai: Merawat motor listrik melibatkan perawatan baterai dan sistem kelistrikan yang sensitif. Pengecekan dan perawatan baterai secara rutin sangat penting.

2. Penggantian Oli Mesin: Penggantian oli mesin secara rutin juga diperlukan untuk menjaga kualitas mesin agar tetap kuat dan tahan lama.

3. Pemeriksaan Roler dan Van Belt: Komponen-komponen ini juga perlu dicek secara berkala untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

 

Perbedaan dalam merawat motor matic dan motor listrik mencerminkan perbedaan dalam komponen dan sistem yang perlu diperhatikan. Dengan memahami perbedaan ini, pemilik motor dapat memastikan bahwa mereka merawat motor mereka dengan cara yang sesuai dengan jenis motor yang mereka miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: