Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Panwaslu Serang Baru Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Panwaslu Serang Baru Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Upaya Panwaslu Serang Baru dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terus dilakukan, diantaranya dengan melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Upaya Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) Serang Baru dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terus dilakukan, diantaranya dengan melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Ketua Panwaslu Serang Baru, Hafis Hambali mengatakan sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat tahu dan berperan aktif terhadap jalannya proses pemilihan serentak tahun 2024.

" Tentu ini supaya menjadi pemicu juga untuk masyarakat agar nanti bisa turut melaksanakan pengawasan. Karena kalau kita lihat perundangan-undangan baik undang-undang pilkada maupun undang-undang lainnya misalnya peraturan pemerintah dan Perbawaslu itu memungkinkan masyarakat turut serta dalam melakukan pengawasan," kata Hafis kepada Cikarang Ekspres, Senin (22/7).

Meski begitu, tidak semua masyarakat bisa melakukan pengawasan terhadap proses Pilkada ini. Sebab ada peraturan-peraturan yang harus dipatuhi. "Jadi pengawasan ini juga ada rambu-rambu nya. Jadi pengawasan masyarakat juga ada batasan-batasannya," ucapnya.

BACA JUGA:Proses Coklit Pilkada di Kabupaten Bekasi Rampung 100%, Meski Sebelumnya Sempat Terkendala

BACA JUGA:Sah! 2.218 Anggota BPD di Karawang Dapat Perpanjangan Masa Jabatan Jadi 8 Tahun

Berkaca pada Pemilu 2024 yang berlangsung pada Bulan Februari kemarin, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih kurang lebih mencapai 75 persen.

" Kalau kita mengacu pada pemilu pada bulan februari kemarin tentu kita juga bisa dibilang cukup sukses juga. Karena berdasarkan hadir rekapitulasi akhir ternyata ada peningkatan jumlah partisipasi pemilih kalau tidak salah sekitar 75 persen," imbuhnya.

Kesuksesan tersebut merupakan keberhasilan bersama, baik Panwascam, Pemerintah Kecamatan, Desa serta masyarakat. Untuk itu ia berharap pada Pilkada ini partisipasi masyarakat khususnya di wilayah kecamatan serang baru lebih meningkat.

Camat Kecamatan Serang Baru, Deni Mulyadi berharap masyarakat Kecamatan Serang Baru turut mensukseskan Pilkada 2024 ini, seperti pada Pemilu kemarin.

BACA JUGA:Panwascam Kutawaluya Bentuk 'Pojok Pengawasan' untuk Fasilitasi Pengawasan Proses Pilkada Karawang 2024

BACA JUGA:Kamen Rider Gotchard episode 45 Sub Indo: A Fateful Encounter, a Junction of Love and Hate!

" Yang jelas kita mengimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi secara aktif terkait dengan pelaksanaan pengawasan pilkada. Sehingga pelaksanaan pilkada bisa berjalan amn dan lancar," kata Camat. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: