10 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Minum Jeruk Nipis, Bisa Turunin Koelstrol!

10 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Minum Jeruk Nipis, Bisa Turunin Koelstrol!

Jeruk nipis --

Selain itu, jeruk nipis memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak karena kandungan antibakteri di dalamnya. Caranya adalah dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan air hangat untuk berkumur.

BACA JUGA:Tidak Kalah Penting, Ini Lho Manfaat Biji Labu Siam Yang Bisa Jadi Sumber Protein

Jeruk nipis juga mengandung asam alami yang berfungsi sebagai alkali alami, yang bermanfaat untuk memutihkan gigi dengan seimbangkan pH di dalam mulut. Selain itu, sifat anti bakteri dari jeruk nipis juga membantu mengurangi bakteri penyebab warna kuning pada gigi.

9. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan dan dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. Jeruk nipis diketahui dapat membantu meredakan radang tenggorokan dengan mengonsumsinya bersama madu dua kali sehari.

10. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang kuat berkat kandungan flavonoid dan vitamin C-nya. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang membuatnya efektif sebagai anti bakteri dan anti jamur. Campuran jeruk nipis dengan belerang, yang mengandung senyawa zat keratolitik, dapat membantu menghilangkan panu dengan mengoleskannya langsung pada area yang terkena.

 

Hati-Hati dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat, namun perlu dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh. Misalnya, karena sifat asamnya, jeruk nipis bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Gejala yang mungkin timbul termasuk mual, kembung, sakit perut, dan sering sendawa. Oleh karena itu, orang dengan penyakit GERD atau masalah asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi air jeruk nipis, terutama sebelum makan.

Selain itu, konsumsi berlebihan jeruk nipis dapat mengakibatkan penipisan enamel gigi dan risiko kerusakan gigi karena sifat asamnya. Untuk mengurangi risiko ini, disarankan untuk berkumur dengan air setelah mengonsumsi jeruk nipis dan hindari menggosok gigi langsung setelahnya.

Terlalu banyak minum air jeruk nipis juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan dengan menyebabkan mulas, kelelahan, dan peningkatan frekuensi buang air kecil. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi jeruk nipis dengan bijak dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: