Ingin Skripsi Cepat Kelar, Ikuti Tips Ini Dijamin Beres!

Ingin Skripsi Cepat Kelar, Ikuti Tips Ini Dijamin Beres!

Ingin Skripsi Cepat Kelar, Ikuti Tips Ini Dijamin Beres!--Halodoc

 

4. Kumpulkan Referensi Sejak Awal: 

 Carilah dan banyak membaca literatur yang relevan secepat mungkin. Kalian dapat membaca artikel atau jurnal-jurnal yang sudah banyak di publish di laman gokgle schoolar untuk dijadikan referensi judul skripsi kalian nanti.

Simpan dan catat semua referensi yang digunakan untuk memudahkan proses penulisan daftar pustaka. Selain itu, kalian juga dapat membuat folder khusus di laptop kalian yang isinya berisi referensi-referensi yang nantinya akan kalian jadikan rujukan dalam skripsi kalian. Untuk memudahkan dalam penulisan daftar pustaka, kalian dapat menggunakan aplikasi mendeley.

5. Disiplin dan Konsisten: 

Kunci dari segala sesuatu itu adalah disiplin dan konsisten. Tetapkan waktu kerja yang rutin setiap hari dan patuhi jadwal tersebut. Buatlah timeline atau list mengenai pekerjaan harian yang akan dikerjakan dan harus kalian selesaikan hari itu juga.

Hindari penundaan dengan mengerjakan tugas-tugas kecil secara konsisten. Hal itu akan menjadikan bad habit dan membuat kalian menjadi terlena untuk tidak segera menyelesaikan tugas skripsi kalian.

6. Manfaatkan Bimbingan Dosen: 

Ketika proses pengerjaan skripsi, tentunya setiap mahasiswa akan didampingi oleh satu atau dua dosen pembimbing. Maka lakukanlah komunikasi dengan para dosen pembimbing dalam penyusunan skripsi supaya lebih cepat selesai. Sering berkomunikasi dengan dosen pembimbing untuk mendapatkan masukan dan menghindari kesalahan.

Tunjukkan kemajuan yang sudah dicapai dan tanyakan saran untuk langkah selanjutnya. Ini bisa kalian lakukan dengan sering update proses penyusunan skripsi kalian di grup bimbingan atau japri kepada para dosen pembimbing.

7. Gunakan Alat Bantu Penulisan: 

Manfaatkan aplikasi atau perangkat lunak yang dapat membantu proses penulisan, seperti alat pengelola referensi (misalnya, Mendeley atau Zotero) dan pemeriksa tata bahasa (misalnya, Grammarly). Mendeley bisa kalian gunakan untuk mempermudah dalam pembuatan sitasi, sedangkan grammarly bisa kalian gunakan untuk melihat kosakata yang tidak atau kurang sesuai.

8. Kelompok Belajar atau Diskusi: 

Bergabung dengan teman atau kelompok yang juga sedang menulis skripsi untuk saling mendukung dan memberi motivasi. Menulis skripsi memang sangat baik jika memiliki teman belajar bersama. Hal ini dapat membuat kalian menjadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian.

Diskusikan masalah atau hambatan yang dihadapi untuk mencari solusi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: