Bumil Lakukan Ini! Tips Atasi Insomnia bagi Ibu Hamil

Bumil Lakukan Ini! Tips Atasi Insomnia bagi Ibu Hamil

--

 

Merawat diri sendiri dan mencari relaksasi, misalnya dengan mandi air hangat sebelum tidur, dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

 

Tips atasi insomnia pada ibu hamil

 

Setelah mengetahui penyebab insomnia, berikut tips atasi insomnia pada ibu hamil.

 

Memperbaiki kebiasaan tidur

 

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi insomnia selama kehamilan adalah dengan mengatur kebiasaan tidur yang konsisten. Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan buat rutinitas sebelum tidur yang menenangkan dan santai.

 

Ibu hamil disarankan untuk menghindari penggunaan layar elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Blue light dari perangkat seperti TV, ponsel, atau tablet dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh. Membaca buku bisa menjadi pilihan yang lebih baik sebagai pengganti.

 

Mengatur pola makan dan olahraga

 

Pola makan dan aktivitas fisik dapat memengaruhi kualitas tidur. Ibu hamil disarankan untuk minum banyak air sepanjang hari, tetapi sebaiknya dibatasi pada jam 7 malam. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi kafein mulai dari sore hari.

 

Perhatikan asupan makanan yang sehat, dan jangan biarkan diri tidur dalam keadaan lapar, karena ini dapat memicu insomnia. Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kantuk. Selain itu, berolahraga di siang hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: