Tips Perawatan untuk Kulit Sensitif, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!

Tips Perawatan untuk Kulit Sensitif, Jangan Sembarangan Pilih Skincare!

Tips Perawatan untuk Kulit Sensitif--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Apakah kamu mempunyai kulit sensitif? Perawatan kulit sensitif memang cukup berbeda dengan tipe kulit yang lain, ini karena kulit sensitif lebih mudah bereaksi.

Tanda-tanda jika kamu mempunyai kulit sensitif di antaranya adalah kulit mudah muncul kemerahan, kulit kering, mudah gatal,mudah uncul ruam, dan sering mengalami breakout.

Kulit kering pada kulit sensitif juga bisa menyebabkan ruam bersisik jika terkena faktor pemicu. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga menyebabkan ketidaknyamanan. Penting untuk mengetahui pemicunya dan menghindarinya serta memilih produk perawatan yang lembut untuk kulit sensitif.

Untuk merawatnya, penting memilih produk perawatan kulit yang non-komedogenik (tidak menyumbat pori-pori) dan membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih yang sesuai untuk kulit sensitif.

BACA JUGA:Ciri-ciri Kulit Sensitif, Salah Satunya Sering Mengalami Breakout!

Yuk simak tips perawatan untuk kulit sensitif lebih lanjut di bawah ini!

Perawatan untuk Kulit Sensitif

Jika kamu atau anggota keluarga memiliki kulit sensitif, penting untuk mengetahui cara merawatnya dengan baik. Berikut tipsnya.

Tes Produk

Bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk selalu melakukan tes produk sebelum menggunakannya secara luas.

Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa kandungan produk tidak menyebabkan reaksi negatif seperti kemerahan, iritasi, atau gatal. Lakukan tes dengan mengoleskan sedikit produk pada area kulit yang tertutup, seperti punggung tangan atau belakang telinga.

 Tunggu beberapa saat untuk melihat apakah ada reaksi. Jika tidak ada reaksi, produk tersebut kemungkinan aman digunakan.

Gunakan Skincare untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif memerlukan perawatan khusus karena lebih rentan terhadap iritasi atau alergi. Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Gunakan produk yang lembut dan bebas pewangi.

Mulailah dengan pembersih ringan, pelembap yang mengandung bahan-bahan alami dan menenangkan seperti ceramide, asam amino, dan ekstrak biji Perilla Ocymoides, serta sunscreen.

Berdasarkan Journal of Drugs in Dermatology, penggunaan pembersih dan pelembap yang mengandung ceramide dapat mengurangi kekeringan, kemerahan, dan pengelupasan kulit secara signifikan, sekaligus memperbaiki kerusakan lapisan pelindung kulit dan memulihkan fungsinya dengan lebih cepat.

BACA JUGA:7 Manfaat Kecantikan yang Akan Kamu Dapatkan, Saat Rutin mengkonumsi Jeruk Nipis, Bisa Mencerahkan Kulit!

Hindari Produk dengan Bahan Iritatif

Pemilik kulit sensitif harus menghindari produk yang mengandung bahan iritatif seperti:

- Antibakteri

- Deterjen

- Benzoil peroksida

- Sulfur (belerang)

- Glycolic acid

- Alkohol

- Retinoid

Sebaiknya, pilih produk perawatan kulit yang bebas wewangian dengan label "fragrance-free".

Gunakan Sunscreen

Jika kulit kamu sensitif terhadap sinar UV atau panas, hindari paparan sinar matahari langsung terlalu lama. Saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, kenakan pakaian tertutup, topi lebar, dan kacamata hitam. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit.

Terapkan Pola Makan Sehat

Selain menggunakan skincare yang tepat, pastikan kamu menjalani pola makan sehat. Konsumsi makanan kaya nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan zinc untuk memperkuat skin barrier dan menjaga kelembapan kulit. Makan lemak sehat seperti omega-3 dari ikan laut, kacang-kacangan, dan minyak zaitun untuk memperkuat struktur sel kulit dan mengurangi peradangan. Minum cukup air juga penting untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan Tidak Bersih

Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena bisa menyebabkan perpindahan kuman dan bakteri ke kulit, yang dapat mengakibatkan iritasi dan infeksi.

Nah itulah tips perawatan untuk kulit sensitif yang bisa kamu ikuti. Pastikan skincare yang kamu gunakan sesuai dengan tipe dan kondisi kulitmu agar kulit lebih sehat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: