Kota Cilegon Puji PKBM Assolahiyah Karawang

Kota Cilegon Puji PKBM Assolahiyah Karawang

FK-PKBM dan IPI Kota Cilegon saat melakukan studi banding di PKBM Assolahiyah Kabupaten Karawang, Minggu (4/8/2024).-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) dan Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kota Cilegon, memuji PKBM Assolahiyah Kabupaten Karawang.

Pujian diberikan saat pengurus FK-PKBM dan IPI Kota Cilegon melakukan studi banding ke PKBM Assolahiyah Karawang, guna meningkatkan kapasitas pengelola PKBM Kota Cilegon, Minggu (4/8/2024).

"Kami sangat senang bisa menimba ilmu dari PKBM Assolahiyah Karawang, karena kami merasa masih banyak yang harus ditiru terkait pendidikan nonformal," ujar perwakilan FK-PKBM Kota Cilegon, Abdul Karim, Minggu (4/8/2024).

BACA JUGA:Video Viral Polisi Nilang Pengemudi Truk di Kawasan Cikarang Ternyata Hoax

BACA JUGA:Forsil Cikarang Launching Kampung Moderasi Lintas Agama di Lippo Cikarang

Menurut Karim, dipilihnya PKBM Assolahiyah Karawang sebagai lokasi studi banding sangatlah tepat. Pasalnya, PKBM Assolahiyah memiliki banyak inovasi dan jenis layanan yang tak hanya berfokus pada pendidikan.

"Di sini (PKBM Assolahiyah) ada kewirausahaan hingga kursus dan pelatihan. Berbeda sekali dengan di tempat kami yang masih terbatas pada pendidikan kesetaraan," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua IPI Kota Cilegon, Halusi Hambali mengaku bersyukur bisa bersilaturahmi ke Karawang. Diakuinya banyak pelajaran yang bisa diambil dalam kegiatan studi banding di PKBM Assolahiyah Karawang.

"Ada beberapa poin yang perlu digarisbawahi dan diambil manfaatnya yaitu terkait bank sampah, kemitraan dengan industri dan lingkungan. Mudah-mudahan kami bisa mencontoh PKBM Assolahiyah Karawang," kata Halusi.

BACA JUGA:Kader PKB Karawang Laporkan Lukman Edy, Dinilai Lakukan Ujaran Kebencian Terhadap Gus Muhaimin

BACA JUGA:Waspada Hoaks! Bupati Aep Imbau Masyarakat Tidak Percaya Terhadap Akun FB Palsu yang Mengatasnamakan Dirinya

Sementara itu, Tutor PKBM Assolahiyah Karawang, Hamzah mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari FK-PKBM dan IPI Kota Cilegon. Ia berharap jalinan silaturahmi ini akan tetap terjalin guna kemajuan bersama menuju Indonesia Maju.

“Kami menyambut baik dengan adanya kegiatan studi banding, diharapkan pendidikan nonformal baik di Kota Cilegon Provinsi Banten dan Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan mewujudkan pendidikan nonformal yang bermartabat dan berkualitas,” ucap Hamzah

Narasumber Berbagi Praktik Baik PKBM Assolahiyah Karawang, Siti Marini berharap, berbagi praktik baik di PKBM Assolahiyah kiranya bisa diaplikasikan di wilayah lain di Indonesia dengan pengelolaan sampah sebagai keterampilan di pendidikan kesetaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: