Pengaspalan Jalan Berbahan Limbah Plastik, PJ Bupati Apresiasi Inovasi Deltamas

Pengaspalan Jalan Berbahan Limbah Plastik, PJ Bupati Apresiasi Inovasi Deltamas

Pemerintah Daerah mengapresiasi Inovasi-inovasi yang terus dikembangkan sektor industri di Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menghadiri pelapisan aspal berbahan limbah plastik di Kawasan Deltamas-Cikarang Ekspress-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Daerah mengapresiasi Inovasi-inovasi yang terus dikembangkan sektor industri di Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menghadiri pelapisan aspal berbahan limbah plastik di Kawasan Deltamas, Kamis (8/8) malam.

" Tentu kami sangat mengapresiasi, terimakasih dan bersyukur atas inovasi yang berdampak langsung kepada masyarakat seperti yang sekarang ini adalah pemanfaatan limbah plastik," kata Dani.

Dikatakan Dani, di Kabupaten Bekasi sudah ada pabrik-pabrik pengelolaan limbah plastik hanya saja untuk plastik jenis kantong keresek belum bisa diterima.

" Tapi ternyata disini bisa dimanfaatkan untuk campuran aspal, memperkuat ikatannya sehingga kualitas nya jadi bagus. Jadi ada dua manfaat satu pengurangan sampah nya dan yang kedua pembuatan kualitas jalan. Jadi ini menurut saya inovasi yang cukup bermanfaat," ucapnya.

BACA JUGA:FTBI Kabupaten Karawang Selesai Digelar, Ini Daftar 28 Siswa SD-SMP yang Lolos ke Tingkat Jabar

Direktur Teknik PT Pembangunan Deltamas, Daniel Lanadjaja mengatakan sejak awal Tahun 2024, Kota Deltamas didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah melaksanakan pekerjaan pelapisan aspal berbahan dasar cacahan limbah plastik. 

" Total panjang jalan yang sudah dikerjakan oleh Kota Deltamas yaitu sejauh 8,47 Km dengan penyerapan cacahan limbah plastik seberat 34,2 ton dan dapat mengurangi emisi karbon 61,5 ton. Kota Deltamas dalam pekerjaan pelapisan aspal menggunakan cacahan plastik tersebut yang akan terus berlanjut," terangnya.

Daniel menambahkan, Pada Bulan Agustus-September 2024 ini terdapat penambahan pekerjaan pelapisan aspal tersebut sepanjang 2,9 Km dengan cacahan plastik 9,5 ton dan reduksi emisi karbon 17,2 ton.

 ”Dengan menerapkan ekonomi sirkular dalam proyek pengaspalan jalan ini, kami mengambil langkah penting menuju masa depan dengan pengelolaan limbah plastik yang inovatif. Mengubah limbah plastik menjadi bahan baku aspal bukan hanya membantu mengurangi pencemaran, tetapi juga memberikan nilai bagi limbah plastik yang sebelumnya dianggap tidak berguna," terangnya.

BACA JUGA:Jelang ke Ibu Kota Nusantara, BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka

Menurutnya hal tersebut adalah bentuk komitmen perusahaan untuk menjalankan praktik bisnis berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kualitas infrastruktur Kota Deltamas.

" Kami berharap apa yang telah Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group lakukan dapat menginspirasi lebih banyak institusi untuk proaktif dan ikut serta mengadopsi penggunaan aspal plastik.” tandasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: