Bupati Aep Bawa Karawang Jadi Kabupaten Kreatif 2024 se-Indonesia

Bupati Aep Bawa Karawang Jadi Kabupaten Kreatif 2024 se-Indonesia

Aep Syaepulloh Bawa Karawang Jadi Kabupaten Kreatif 2024 se-Indonesia-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bupati Karawang Aep Syaepuloh berhasil membawa Kabupaten Karawang kabupaten/kota kreatif se-Indonesia 2024 atau kabupaten/kota role model pengembangan subsector ekonomi kreatif yang ditandai dengan penghargaan langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Penghargaan ini merupakan penghargaan prestisius di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lantaran pemilihannya ketat dan indikator penilaiannya pun sangat banyak. Tak ayal dari lebih 500-an kabupaten/kota yang ikut mengajukan diri, hanya 6 kabupaten/kota se-Indonesa yang terpilih, salah satunya yakni Kabupaten Karawang.

Selain Karawang lima kabupaten/kota lain yang menerima pengharaan serupa adalah Kabupaten Buleleng dengan subsektor kriya, Kabupaten Garut dengan subsektor seni pertunjukan, Kabupaten Grobogan dengan subsektor kuliner, Kota Jakarta Selatan dengan subsektor seni rupa, dan Kota Yogyakarta dengan subsektor seni rupa.

BACA JUGA:Didampingi Ratusan Pendukung, BN Holik-Faizal Hafan Daftar Cabup-Cawabup ke KPU Kabupaten Bekasi

BACA JUGA:Besok Acep-Gina Daftar ke KPU, Diantar 3 Mantan Bupati Karawang

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, Jaeni menuturkan, Karawang dinilai oleh Kemparekraf telah sukses menjalankan program kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan melibatkan unsur hexsahelix di sub sektor ekonomi kreatif bidang seni pertunjukan.

“Awalnya yang iku lebih dari 500 kabupaten/kota, lalu disaring jadi 80 kabupaten/kota, lalu kembali disaring hingga hanya tingga 11 kabupaten/kota, yang masuk 11 besar diundang untuk paparan, dan alhamdulillah kita 1 dari 6 yang terpilih. Enam ini bukan peringkat 1 sampai 6 tapi sejajar dengan keunggulan masing-masing, dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, kita terpilih di sebagai kota kreatif di sektor seni pertunjukan,” kata Jaeni.

Jaeni mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemkab Karawang di masa pemerintaha Bupati Karawang Aep Syaepuloh memajukan sektor ekonomi kreatif yang melibatkan semua unsur baik dari pelaku ekonomi kreatif, seniman, budayawan, pelaku usaha atau swasta, cendikiawan, perguruan tinggi sampai media massa.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, kata Jaeni, memberi pesan usai Karawang ditetapkan sebagai kabupaten/kota kreatif di Indonesia, agar ke depan semakin serius melakukaan pembinaan terhadap para pelaku ekonomi kreatif dan juga makin intens menjalin kerjas sama dengan lintas sektor dengan konsep hexsahelix agar bukan hanya di sub sektor seni pertunjukan tapi juga di sektor lain juga menadaptkan peningkatan.

BACA JUGA:Atlet SSB Grassroots Competition Kabupaten Karawang Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

BACA JUGA:Damkar di Kecamatan Serang Baru Belum Beroperasi, Ini Penyebabnya

“Jadi di ekonomi kreatif itu penunjangnya ada 17 sub sektor. Pak bupati selalu memberi pesan, agar ekonomi kreatif ini bisa menjadi kekuatan baik dalam meningkatkankesejahteraan masyarakat juga memperkuat komitmen kita menjaga tradisi seni dan kebudayaan secara bersama-sama. Ke depan, kita berkomitmen Karawang menjadi kota kreatif bukan hanya di sub sektor seni pertunjukan tapi di semua sektor,” katanya.

“Penetapan Karawang sebagai kabupaten/kota role model ekonomi kreatif pada tanggal 36 Agustus kemarin. Kalau penyerahan penghargaan secara simbolis jika tidak ada perubahan jadwal, insyaallah pada 30 Agustus mendatang,” timpalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: