Ternyata Hal Ini Akan Terjadi Jika Kamu Memiliki Kondisi Mata yang Kering

Ternyata Hal Ini Akan Terjadi Jika Kamu Memiliki Kondisi Mata yang Kering

Ternyata Hal Ini Akan Terjadi Jika Kamu Memiliki Kondisi Mata yang Kering--By Halodoc

 

Cara Mengetahui Mata Kering

1. Schirmer Test: Ini adalah tes di mana dokter memasukkan strip kertas kecil ke mata untuk mengukur produksi air mata. Tes ini akan menunjukkan seberapa banyak air mata yang diproduksi dalam jangka waktu tertentu.

2. Fluorescein Staining: Dokter meneteskan pewarna khusus ke mata untuk melihat kerusakan pada permukaan mata dan seberapa cepat air mata menguap.

3. Break-up Time Test: Tes ini mengukur seberapa cepat air mata menguap dari permukaan mata setelah berkedip.

 

Cara Merawat Mata Kering

1. Obat Tetes Mata: Penggunaan air mata buatan atau tetes mata pelumas bisa membantu menjaga kelembapan mata. Pilih tetes mata yang bebas pengawet jika sering digunakan dan jangan lupa untuk disesuaikan dengan jenis mata kalian.

2. Kompres Hangat: Kompres hangat di area kelopak mata bisa membantu membuka kelenjar minyak di kelopak mata yang sering kali tersumbat pada orang dengan mata kering.

3. Perbanyak Berkedip: Saat bekerja di depan layar atau membaca, sering kali orang lupa berkedip. Berkedip membantu menyebarkan air mata di seluruh permukaan mata.

4. Kurangi Paparan Layar: Istirahat secara teratur dari layar komputer atau ponsel dapat membantu mencegah mata kering. Terapkan aturan 20-20-20, yaitu melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit.

5. Gunakan Humidifier: Menjaga kelembapan udara di ruangan, terutama di ruangan ber-AC atau di daerah yang kering, bisa membantu mencegah mata menjadi terlalu kering.

6. Hindari Angin Langsung: Hindari paparan angin langsung dari kipas angin, AC, atau jendela mobil yang terbuka, karena ini dapat membuat air mata lebih cepat menguap.

7. Konsumsi Omega-3: Asam lemak omega-3 dari makanan seperti ikan, biji chia, atau suplemen dapat membantu meningkatkan kualitas air mata dan mengurangi gejala mata kering.

8. Hindari Lensa Kontak yang Memperburuk Gejala: Beberapa lensa kontak bisa memperparah mata kering. Diskusikan dengan dokter untuk menemukan lensa yang lebih nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: